Pertama Kalinya, Seorang Pria Dihukum Karena Hina Lagu Kebangsaan China

Bendera China.
Sumber :

Hong Kong – Pengadilan Hong Kong pada hari Kamis waktu setempat menjatuhkan hukuman penjara 3 bulan kepada seorang pria karena diduga menghina lagu kebangsaan China

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Cheng Wing-chun dituduh mengedit video Youtube yang memperlihatkan pemain anggar Hong Kong Edgar Cheung menerima medali emas di Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020. 

Cheng, seorang fotografer berusia 27 tahun, diduga memotong lagu kebangsaan China dari video tersebut dan menggantinya dengan lagu protes pro-demokrasi Hong Kong berjudul "Glory to Hong Kong,” melansir DW Jumat, 21 Juli 2023.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Bendera China.

Photo :

Video tersebut diunggah pada tahun 2021, dengan keputusan pengadilan awal bulan ini bahwa Cheng sengaja mengedit video tersebut. Hakim Hong Kong Minnie Wat mengatakan hukuman penjara diperlukan karena pengadilan harus mencegah kasus peniru dan penghinaan

Menkumham Ingin Transformasi Sistem Pemidanaan RI, Tak Hanya Penjara

Dia mengatakan video itu mengumpulkan lebih dari 90.000 tayangan. Wat mengatakan Cheng tidak menunjukkan penyesalan atas tindakannya dan bahwa dia "menghasut orang di bagian komentar untuk menghina martabat lagu kebangsaan." 

Cheng adalah orang pertama yang dihukum di bawah undang-undang lagu kebangsaan China yang diterapkan pada tahun 2020. 

Undang-undang tersebut membuat penodaan lagu kebangsaan China ilegal, dengan pelanggar menerima hingga tiga tahun penjara atau denda sebanyak HK$50.000 ($6.400 atau Rp96 juta).

Lagu "Glory to Hong Kong" pertama kali menjadi terkenal selama demonstrasi pro-demokrasi selama berbulan-bulan di kota itu pada tahun 2019 dan 2020. Lirik lagu dalam bahasa Kanton adalah pelampiasan bagi warga Hong Kong yang marah dengan campur tangan politik Beijing dalam urusan kota. 

Pemerintah Hong Kong, bagaimanapun, percaya bahwa lagu tersebut menganjurkan suksesi penuh dari China. 

Para pejabat Hong Kong telah menyerukan pelarangan total atas pemutaran dan pendistribusian lagu kebangsaan tersebut. Hong Kong dilaporkan menanyai anggota keluarga aktivis pro-demokrasi Penyensoran lagu protes Hong Kong hanyalah salah satu aspek dari tindakan keras pro-demokrasi di kota itu. 

Media lokal Hong Kong melaporkan bahwa polisi menanyai saudara dari aktivis pro-demokrasi Dennis Kwok. 

Presiden Xi Jinping dan anggote elite Politbro China saat kongres Partai Komunis

Photo :
  • AP Photo/Ng Han Guan

Kwok sebelumnya berada di badan legislatif Hong Kong dan sekarang berbasis di AS. Pada 3 Juli, Hong Kong mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk delapan aktivis pro-demokrasi luar negeri, termasuk Kwok, atas tuduhan kolusi asing dan hasutan untuk memisahkan diri. 

Pada hari Kamis dikabarkan bahwa tiga kerabat anggota serikat Mung Siu-tat juga dibawa untuk diinterogasi. Mung juga disebutkan dalam surat perintah penangkapan awal bulan ini. Kedelapan aktivis tersebut didakwa berdasarkan undang-undang keamanan nasional tahun 2020 yang kontroversial.

Kritikus, seperti pemerintah AS dan Inggris, mengatakan undang-undang yang didukung oleh pemerintah China merupakan pelanggaran terhadap prinsip "Satu negara, dua sistem", yang untuk sementara memberikan hak dasar kepada warga Hong Kong seperti kebebasan berbicara dan berkumpul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya