Dua Bangunan di Moskow Diserang Drone, Kremlin Tuding Ukraina Dalangnya

VIVA Militer: Serangan mortir militer Ukraina
Sumber :
  • rferl.org

MoskowRusia menuduh Ukraina berada di balik serangan pesawat tak berawak yang merusak setidaknya dua bangunan di ibu kota Moskow, pada Senin pagi, 24 Juli 2023. Selain itu, Kementerian pertahanaan Rusia mengatakan bahwa dua pesawat tak berawak lainnya berhasil ditahan dan jatuh, dia juga menambahkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam serangan itu. 

Daftar Pemimpin Negara yang Menjadi Buronan LCC, Terbaru dan Terlengkap!

Kantor berita Tass milik Rusia melaporkan bahwa satu drone jatuh di dekat kementerian pertahanan. Dalam perkembangan terpisah, pejabat Rusia memerintahkan orang-orang untuk mengevakuasi satu distrik di Krimea, setelah serangan pesawat tak berawak Ukraina. 

Kepala daerah yang ditunjuk Kremlin, Sergei Aksenov, mengatakan depot amunisi dihantam di daerah Dzhankoi utara, dan penduduk desa terdekat disuruh meninggalkan rumah mereka. Meski demikian, dia melaporkan tidak ada korban jiwa. 

Putin Akan Kunjungi China dan Bertemu Xi Jinping Pekan Ini

VIVA Militer: Serangan artileri militer Ukraina di Republik Rakyat Donetsk

Photo :
  • cnn.com

Di Moskow, Wali Kota Sergei Sobyanin mengatakan serangan drone di ibu kota Rusia menghantam dua bangunan non-perumahan, sekitar pukul 04:00 waktu setempat. Dalam sebuah postingan di media sosial, dia menambahkan bahwa bangunan tersebut tidak mengalami kerusakan besar. 

WN Ukraina-Rusia 'Sulap' Vila di Bali Jadi Lab Narkoba dengan Bunker Bawah Tanah

Tetapi kantor berita negara melaporkan bahwa beberapa pecahan pesawat tak berawak ditemukan hanya 2 km dari gedung kementerian pertahanan. 

"Upaya rezim Kiev untuk melakukan aksi teroris menggunakan dua pesawat tak berawak pada objek di wilayah kota Moskow dapat dihentikan," kata kementerian pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan, dikutip dari BBC Internasional, Selasa, 25 Juli 2023. 

Kantor berita Rusia melaporkan bahwa puing-puing drone juga ditemukan di sepanjang Komsomolsky Avenue di kota itu.  Departemen transportasi Moskow menulis di Telegram bahwa lalu lintas di sepanjang rute itu diblokir. 

Lalu lintas juga dihentikan di Likhachev Avenue, tempat gedung perkantoran bertingkat tinggi rusak. Rekaman yang dipublikasikan di saluran TV militer Zvezda menunjukkan jendela rusak di bagian atas gedung. 

Sebagai informasi, Moskow telah menuduh Ukraina melakukan sejumlah serangan drone di wilayahnya dalam beberapa bulan terakhir. 

Awal bulan ini, Rusia mengatakan Ukraina melancarkan serangan drone ke Moskow, dan memaksa penerbangan dialihkan dari Bandara Internasional Vnukovo. Namun, Ukraina tidak mengklaim bertanggung jawab. Kemudian, pada bulan Mei, Kiev membantah melakukan serangan pesawat tak berawak di Kremlin, yang menurut Rusia merupakan upaya pembunuhan Presiden Vladimir Putin

Serangan hari Senin terjadi hanya sehari setelah Rusia menargetkan Odesa dengan serangan rudal, dan menghancurkan Katedral Transfigurasi yang bersejarah. UNESCO, badan kebudayaan PBB, mengatakan sangat kecewa dan mengutuk keras serangan terhadap pusat bersejarah Odesa. 

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, juga bersumpah akan membalas serangan itu. "Mereka pasti akan merasakan ini," katanya dalam pidato malamnya dari Kiev. 

"Target dari semua misil ini bukan hanya kota, desa, atau orang. Target mereka adalah kemanusiaan dan dasar dari seluruh budaya Eropa kita.” 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya