Taiwan Laporkan Aktivitas Baru Militer China di Wilayahnya, Ada 13 Jet Tempur dan 5 Kapal

Pesawat-pesawat tempur China seliweran di langit sekitar Taiwan
Sumber :
  • Li Bingyu/Xinhua via AP

Taiwan – Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan kembali aktivitas militer China di sekitar pulau itu, pada Jumat 25 Agustus 2023, termasuk 13 pesawat memasuki zona “respons” Taiwan dan lima kapal melakukan patroli kesiapan tempur. Taiwan, pulau yang memiliki pemerintahan sendiri, selama tiga tahun terakhir telah mengeluhkan meningkatnya tekanan militer dari Beijing.

TNI AL dan Angkatan Laut Singapura Gelar Latihan Memburu Ranjau Laut di Perairan Kepri

Pada Sabtu lalu, Tiongkok mengadakan latihan satu hari di sekitar Taiwan sebagai tanggapan marah atas kunjungan singkat Wakil Presiden William Lai ke Amerika Serikat bulan ini ke pulau itu.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa mulai sekitar pukul 7 pagi, pihaknya telah mendeteksi 22 pesawat Tiongkok, yakni pesawat tempur, pembom, pesawat peringatan dini, dan drone. Sebanyak 13 di antaranya memasuki zona “respons” Taiwan, meskipun kementerian tersebut tidak memberikan rinciannya.

Hussain Mekky, Komandan Hizbullah Tewas Dibom Jet Tempur Israel

Bendera Taiwan-China.

Photo :
  • ANTARA/Reuters/Dado Ruvic.

Taiwan mengirim pesawat dan kapal untuk memantau mereka, katanya. Taiwan tidak mempublikasikan di mana zona “respons”nya, namun pihaknya terus melakukan pengawasan ketat terhadap Selat Taiwan, dan wilayah di selatan dan barat daya pulau tersebut, tempat aktivitas militer Tiongkok sering terkonsentrasi.

Pastikan Kesiapan Satgas Udara KTT WWF di Bali, Panglima Koopsud II Turun Gunung

Tiongkok belum mengumumkan latihan lebih lanjut di sekitar Taiwan sejak Sabtu, meskipun Tiongkok sering melakukan misi semacam itu tanpa memberi pemberitahuan terlebih dahulu atau sesudahnya.

Kementerian Pertahanan Taiwan pekan ini mengatakan pihaknya tidak dapat menilai apakah latihan militer China yang dimulai pada Sabtu telah berakhir secara resmi, karena Beijing tidak membuat pengumuman apa pun. China terus melanjutkan gerakan militer di sekitar Taiwan, meskipun dalam skala yang lebih kecil.

Kementerian tersebut, dalam pernyataan terpisah pada Jumat pagi, mengatakan bahwa selama 24 jam sebelumnya pihaknya telah melihat dua drone Tiongkok di dekat Taiwan utara. Keduanya melintasi garis tengah selat tersebut, katanya, yang hingga tahun lalu berfungsi sebagai pembatas tidak resmi antara kedua belah pihak namun kini sering dilintasi oleh pesawat Tiongkok.

Salah satu drone, yang diidentifikasi oleh kementerian sebagai BZK-005, melintasi garis median di seberang pantai barat laut Taiwan, kemudian terbang ke arah utara pulau tersebut sebelum terbang ke timur laut Taiwan.

Taiwan belum melaporkan adanya pesawat militer Tiongkok di wilayah udara teritorialnya, meskipun mengatakan bahwa pesawat-pesawat tersebut telah mendekati zona tambahan pulau itu, yang berjarak 44 km dari pantainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya