Gantikan Myanmar, Filipina Pegang Keketuaan ASEAN 2026

Presiden Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Filipina Marcos Jr
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

JakartaFilipina menyatakan kesiapannya untuk menjadi ketua Perhimpunan bangsa bangsa Asia Tenggara (ASEAN), pada 2026 mendatang. Sebelumnya, keketuaan ASEAN seharusnya dipegang oleh Myanmar

Indonesia Sends Representatives to 2024 Parkour World Cup in France

Namun, karena negara itu dilanda kekerasan sejak militer mengambil alih negara itu, maka keketuaan ASEAN pada 2026 akan digantikan oleh Filipina. 

"Dengan senang hati saya mengumumkan bahwa Filipina siap untuk memimpin dan mengetuai ASEAN tahun 2026," ujar Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr, di Jakarta, Selasa, 5 September 2023. 

Kata Pelatih Timnas Indonesia U-17 Wanita Usai Dibantai Filipina

Presiden Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr., di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (05/09/2022) pagi.

Photo :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati.

Sejalan dengan hal itu, Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi juga mengonfirmasi keketuaan Filipina pada 2026 mendatang. Retno juga mengungkapkan bahwa ASEAN berkomitmen untuk tetap melanjutkan bantuan kemanusiaan pada Myanmar. 

Minister Brings Significant Issue as Indonesian Representative in OECD

"Keketuaan ASEAN 2026 akan dipegang oleh Filipina," kata Retno pada wartawan. 

"ASEAN berkomitmen untuk melanjutkan bantuan kemanusiaan di Myanmar. Di dalam pertemuan tadi para pemimpin juga mengapresiasi Indonesia dalam meningkatkan atau melanjutkan bantuan kemanusiaan di Myanmar." 

Sebagai informasi, Indonesia yang memegang keketuaan ASEAN tahun ini, telah melakukan lebih dari 144 engagements dengan 70 pemangku kepentingan terkait Myanmar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya