Misteri Didepaknya Menlu China Qin Gang, Diduga Selingkuh dengan Seorang Jurnalis

Mantan Menlu China, Qin Gang.
Sumber :
  • Antara FOTO.

Beijing – Misteri seputar pemecatan Qin Gang, mantan menteri luar negeri China semakin suram ketika isu baru muncul tentang dugaan perselingkuhannya dengan jurnalis media pemerintah Fu Xiaotian.

Indonesian Embassy in Beijing Exposes Bride Scam in China

Para pejabat senior di Beijing diberitahu bahwa Qin mengakui hubungan tersebut, yang terungkap dalam penyelidikan internal oleh Partai Komunis.

Para pejabat diberitahu bahwa alasan resmi pemecatan Qin adalah masalah gaya hidup, yang dianggap merujuk pada pelanggaran seksual.

Jalan di Guangdong China Ambles 18 Meter, Puluhan Mobil Terperosok 24 Tewas

Menlu China, Qin Gang.

Photo :
  • Xinhua/Liu Jie.

Fu, seorang koresponden Phoenix Television yang berkantor pusat di Hong Kong, sebelumnya pernah mengunggah tentang putranya, Er-kin, di situs jejaring sosial Tiongkok, Weibo, tanpa menyebut ayah anak tersebut.

Marak WNI Jadi Korban Penipuan Pengantin Pesanan di China, KBRI Ungkap Modusnya

Dilansir dari Newsweek, Senin, 2 Oktober 2023, unggahan itu dilakukan sebelum Qin dicopot dari tugasnya sebagai menteri luar negeri pada bulan Juli.

Financial Times dan CNN sama-sama melaporkan rincian hubungan mereka, yang diyakini dimulai pada tahun 2010.

Fu memiliki anak di Amerika Serikat tahun lalu melalui ibu pengganti, menurut Financial Times. Ibu pengganti adalah tindakan ilegal di Tiongkok, meskipun pengadilan Tiongkok tidak memutuskan hukuman dalam kasus ini.

Qin dianggap sebagai anak didik Presiden Xi Jinping dan naik pangkat dengan cepat melalui jajaran Kementerian Luar Negeri.

Jika pemecatan Qin atas kasus tersebut terbukti benar, maka ini merupakan kasus yang jarang terjadi, di mana politisi tingkat nasional Tiongkok diberhentikan dari jabatannya karena pelanggaran seksual.

Sebaliknya, pemberitaan baru-baru ini tentang dugaan perselingkuhan Qin dengan Fu, membuat para pengamat Tiongkok mencari penjelasan lebih detail bagaimana Xi tidak mengetahui hal itu.

Steve Tsang, direktur SOAS China Institute di London, yakin Xi mungkin tidak mengetahui masalah pribadi yang terkait dengan Qin dan Li Shangfu, menteri pertahanan Tiongkok yang hilang, sampai masalah tersebut diungkapkan oleh orang lain di pemerintahan.

Nasib mereka mungkin juga terkait dengan keberadaan mereka sebagai sekutu Xi.

"Dengan menghapus semua faksi lama pada kongres partai ke-20, Xi telah mengubah seluruh PKC menjadi faksi Xi. Namun mengingat sifat politik dalam sistem seperti itu, sub-faksi di antara anak didik Xi akan muncul," katanya.

Li, yang masa depannya masih belum jelas, sedang diselidiki karena korupsi, menurut laporan. Baik dia maupun Qin tetap menjadi anggota dewan negara bagian, sebuah gelar yang kira-kira setara dengan menteri kabinet.

Dengan tidak adanya narasi yang kredibel dari Tiongkok, masih ada spekulasi bahwa pemecatan Qin mungkin terkait dengan kegiatan spionase selama ia berada di Amerika Serikat.

Qin diketahui menjabat sebagai utusan utama Beijing untuk Washington selama 17 bulan sejak 2021-2023.

Para ahli juga memberikan pendapat yang berbeda mengenai teori tersebut.

“Jika Xi mencurigai Qin melakukan pengkhianatan, dan menjadi agen AS adalah pengkhianatan, dia akan segera menghukum Qin dengan berat. Hal ini tidak terjadi, jadi itu tidak bisa menjadi alasannya,” kata Tsang.

James Lewis, seorang peneliti senior di lembaga pemikir Pusat Studi Strategis dan Internasional di Washington justru tidak setuju dengan pendapat Tsang.

"Jika PKT akan mulai memecat orang karena berselingkuh, maka tidak akan ada lagi yang tersisa. Entah itu korupsi, spionase, atau menjadi pelaku perselingkuhan. tidak setia kepada XI, dan spionase tampaknya yang paling mungkin terjadi," ujarnya.

"Seorang anak yang lahir melalui ibu pengganti, yang dilaporkan juga merupakan warga negara AS, mungkin telah memaksa Xi untuk bertindak dalam situasi yang berdampak pada keamanan nasional," kata Lewis.

Sebagai informasi, Xi memang telah berulang kali menegaskan bahwa keamanan nasional sangat penting bagi kemakmuran jangka panjang Tiongkok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya