TikTok Shop Ditutup Hari Ini, Media Asing Soroti Penyebabnya

Ilustrasi TikTok Shop
Sumber :
  • TikTok/ silvianarenmy, rinnarah20

JakartaAplikasi media sosial TikTok menangguhkan layanan belanja online di Indonesia untuk mematuhi aturan baru di negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Aturan baru ini, mendapat sorotan dari media asing. Langkah tersebut akan berlaku mulai hari ini, Rabu, 4 Oktober 2023, pukul 17.00 WIB. Pemerintah Indonesia mengatakan peraturan itu bertujuan untuk membantu melindungi UMKM. 

Social Commerce Makin Populer, Indef: Tren Pembayaran COD Melonjak

TikTok Shop

Photo :
  • VIVA

"Indonesia adalah negara pertama yang menguji coba layanan e-commerce aplikasi ini pada tahun 2021, dan menjadi salah satu pasar terbesar bagi TikTok Shop," menurut laporan BBC Internasional, Rabu, 4 Oktober 2023.

Pesan Jokowi ke Menko PMK Muhadjir: Gudang Pangan di Papua Diisi Makanan Khas Lokal

Pekan lalu, Indonesia mengumumkan peraturan yang akan memaksa TikTok untuk memisahkan fitur belanjanya dari sosial media.

Saat mengumumkan langkah-langkah tersebut, Menteri Perdagangan Indonesia Zulkifli Hasan mengatakan, e-commerce tidak bisa menjadi media sosial dan harus terpisah.

Microsoft Tak Bakal Nyesel Investasi di Indonesia, Luhut: Saya Janji

Dia juga mengatakan kepada TikTok bahwa mereka punya waktu seminggu untuk mematuhi aturan baru atau berisiko kehilangan izin beroperasi di negara tersebut.

Ilustrasi TikTok.

Photo :
  • Istimewa.

Pengumuman ini muncul setelah Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), bulan lalu mengimbau agar jajarannya memerhatikan dengan cermat e-commerce.

"Kita harus berhati-hati dengan e-commerce. Ini bisa menjadi sangat baik jika ada peraturannya, namun bisa menjadi buruk jika tidak ada peraturannya," ujar Jokowi.

Sementara itu, TikTok juga berkomitmen untuk mematuhi aturan yang diberlakukan oleh Pemerintah RI.

“Prioritas kami adalah tetap mematuhi hukum dan peraturan setempat,” kata TikTok dalam pernyataannya, pada Selasa, 

"Oleh karena itu, kami tidak lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di TikTok Shop Indonesia," tambahnya.

Sebagai informasi, ritel online di Indonesia telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir. Nilai penjualan e-commerce juga meningkat lebih dari enam kali lipat antara 2018 dan tahun depan hingga mencapai Rp689, menurut bank sentral negara tersebut.

TikTok Shop telah meningkatkan pangsa pasarnya sejak diluncurkan dua tahun lalu di pasar belanja online Indonesia, yang didominasi oleh platform seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

Negara berpenduduk lebih dari 278 juta orang ini adalah rumah bagi 125 juta pengguna TikTok, termasuk 6 juta penjual dan jutaan pembuat konten lainnya yang memperoleh uang menggunakan TikTok Shop untuk mempromosikan barang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya