Donald Trump Diduga Bocorkan Rahasia Nuklir AS ke Miliuner Australia

donald trump dan anthony pratt
Sumber :
  • Crikey

Meksiko – Ada-ada saja kasus yang menimpa mantan presiden AS, Donald Trump. Setelah kasus penipuannya, kini ia dilaporkan membocorkan rahasia nuklir AS kepada pihak asing, usai tak lagi menjabat sebagai presiden AS.

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Donald Trump diduga membahas informasi yang sangat sensitif tentang kapal selam nuklir AS dengan miliarder asal Australia, Anthony Pratt, tiga bulan setelah meninggalkan jabatannya, menurut sebuah laporan baru.

Mengutip sumber yang mengetahui laporan orang Australia tersebut kepada Penyelidik Penasihat Khusus Jack Smith, kantor berita ABC News melaporkan Trump yang “bersemangat” diduga membahas “jumlah pasti hulu ledak nuklir kapal selam AS yang secara rutin dibawa, dan seberapa dekat jumlah hulu ledak nuklir yang biasa dibawa kapal selam AS, dan kapal selam tersebut bisa mencapai kapal selam Rusia tanpa terdeteksi”,” dilansir Jumat, 6 Oktober 2023.

Donald Trump Ketiduran saat Jalani Sidang Kasus Suap

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump

Photo :
  • nbcnews.com

Sebelumnya, Smith telah mendakwa Trump dengan 40 dakwaan pidana terkait penyimpanan informasi rahasia setelah meninggalkan jabatannya. Mantan presiden tersebut juga menghadapi 17 dakwaan pidana terkait subversi pemilu (empat di tingkat federal, dari Smith, dan 13 di Georgia) dan 34 di antaranya terkait pembayaran uang tutup mulut kepada aktor film porno Stormy Daniels.

Donald Trump Olok-olok Biden: Serangan Iran ke Israel Tak Akan Terjadi Jika Saya Presiden

Meskipun menghadapi situasi yang sangat sulit – termasuk pengadilan perdata atas tuduhan penipuan dan pencemaran nama baik – ia memimpin jajak pendapat presiden Partai Republik dengan selisih yang besar, dan merupakan kandidat yang sangat difavoritkan untuk menghadapi Joe Biden dalam pemilihan presiden tahun 2024.

Menurut laporan itu, Smith tidak memasukkan informasi apa pun tentang dugaan percakapan Trump pada April 2021 dengan Pratt dalam dakwaannya terhadap Trump pada bulan Juni.

Trump dikabarkan berbicara mengenai hal sensitif itu dengan Pratt di resor mewah Mar-a-Lago miliknya di Florida pada April 2021. Pratt kemudian diduga membagikan informasi tentang kapal selam “dalam beberapa menit” setelah mempelajarinya, sehingga mengejutkan seorang karyawan Trump yang mendengarnya.

Pratt, menurut laporan ABC News, kemudian membagikan informasi tersebut kepada setidaknya 45 orang lainnya, termasuk karyawannya sendiri, jurnalis, pejabat asing dan Australia dan tiga mantan perdana menteri Australia.

Tidak jelas apakah apa yang dikatakan Trump kepada Pratt akurat atau tidak. Meski demikian, penyidik ​​dilaporkan memintanya untuk berhenti mengulangi apa yang didengarnya.

donald trump dan anthony pratt

Photo :
  • Crikey

Pratt, pemilik perusahaan Pratt Industries berbasis di AS, dilaporkan mengatakan kepada penyelidik bahwa ia mengulangi apa yang Trump katakan kepadanya karena ia ingin menunjukkan bahwa ia mendukung kerja sama Australia di AS. Saat itu, Australia sedang menegosiasikan pembelian kapal selam nuklir dari AS. Kesepakatan itu ditandatangani tahun ini.

Trump dan Pratt menjalin hubungan setelah Trump meraih kekuasaan kursi presiden pada tahun 2016 dan Pratt bergabung dengan Mar-a-Lago, klub anggota Trump di Florida. Pada tahun 2019, Trump menghadiri pembukaan pabrik Pratt Industries di Wapakoneta, Ohio, yang juga dihadiri oleh Scott Morrison, yang saat itu menjabat sebagai perdana menteri Australia.

leX_NygaKzU

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya