PBB Desak Akses Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza Dibuka

ilustrasi Majelis Umum PBB
Sumber :

New York – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyerukan pihak-pihak terkait agar membolehkan masuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza yang tengah diblokade total oleh Israel.

"PBB menyerukan semua pihak dan pihak-pihak terkait agar memberi akses kepada kami untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan warga sipil Palestina di Jalur Gaza," kata juru bicara Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) Jens Laerke kepada Anadolu.

Video Pemobil Tak Merasa Salah Setelah Bikin Pengendara Motor Kecelakaan

Serangan udara milter Israel menghancurkan komplek perumahan di Gaza Tengah

Photo :
  • Quds

Serangan udara milter Israel menghancurkan komplek perumahan di Gaza Tengah

Photo :
Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan
Menurut OCHA, jumlah pengungsi Palestina di Jalur Gaza bertambah menjadi lebih dari 338.000 orang akibat serangan dan pertempuran yang tak kunjung berhenti.
Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

Badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), pada Kamis 12 Oktober 2023, mengungkapkan  sekitar 500 ribu orang  kehilangan akses bantuan pangan penting karena 14 pusat distribusi makanan UNRWA terpaksa ditutup.

Ketegangan di Timur Tengah membesar setelah pasukan Israel melancarkan serangan militer besar-besaran di Jalur Gaza sebagai balasan atas serangan militer Hamas di wilayah Israel.

VIVA Militer: Roket Hamas Palestina hantam pemukiman sipil Israel

Photo :

Konflik dimulai ketika Hamas meluncurkan Operasi Banjir Al Aqsa terhadap Israel, yang merupakan serangan mendadak dari berbagai arah, dengan menembakkan roket dan penyusupan ke Israel melalui darat, laut dan udara.

Hamas menyebut serangan itu balasan atas penyerbuan Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur dan kekerasan terhadap warga Palestina yang dilakukan para pemukim Israel.

Sebagai balasan atas serangan Hamas itu, militer Israel meluncurkan Operasi Pedang Besi di Jalur Gaza dan melakukan blokade total Gaza yang meliputi menutup akses makanan, air, bahan bakar minyak, dan aliran listrik. (Ant/Antara)

Warga Gaza antre beli roti

Mesir Buka-bukaan Ada Proposal Baru soal Gencatan Senjata di Gaza

Proposal baru soal gencatan senjata di Gaza itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry dalam pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Arab Saudi.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024