Besok, Presiden AS Joe Biden Kunjungi Israel Bahas Pembukaan Akses Bantuan

Presiden AS Joe Biden menyatakan akan mengakhiri pandemi COVID-19 di AS.
Sumber :
  • AP Photo/Susan Walsh

Washington – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dikabarkan akan melakukan kunjungan solidaritas ke Israel pada Rabu 18 Oktober 2023 pasca-serangan Hamas, kata Menteri Luar Negeri, Antony Blinken. Dia juga mengumumkan bahwa Israel telah setuju untuk memberikan bantuan sipil untuk Gaza

Biden Sebut Gencatan Senjata Terwujud Jika Sandera Israel Dibebaskan, Begini Respons Hamas

Blinken berbicara setelah bertemu selama hampir delapan jam di kementerian pertahanan dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pada kunjungan kedua diplomat tinggi AS sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 silam.

“Presiden akan menegaskan kembali solidaritas Amerika Serikat dengan Israel, dan komitmen kuat kami terhadap keamanannya,” kata Blinken Selasa pagi di Tel Aviv, melansir CNA, Selasa, 17 Oktober 2023.

Dubes Israel Robek Piagam PBB Pakai Mesin Penghancur Kertas saat Pidato

VIVA Militer: Tentara Israel

Photo :
  • pbs.org

"Israel mempunyai hak dan kewajiban untuk membela rakyatnya dari Hamas dan teroris lainnya serta mencegah serangan di masa depan. Biden akan mendengar dari Israel apa yang dibutuhkan untuk membela rakyatnya saat kami terus bekerja sama dengan Kongres untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” kata Blinken. 

9 Negara Ini Tolak Palestina Jadi Anggota PBB, Salah Satunya Tetangga RI

Biden akan mengunjungi Tel Aviv, kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional, John Kirby, di Washington. Dia juga mengumumkan bahwa Biden akan melakukan perjalanan ke Yordania di mana dia akan bertemu dengan Raja Yordania Abdullah II, pemimpin Palestina Mahmud Abbas, dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi. 

Blinken mengatakan bahwa Amerika Serikat juga mendapatkan jaminan dari Israel untuk berupaya membawa bantuan asing ke Jalur Gaza yang miskin, dan diblokade ketika Israel mempersiapkan serangan darat terhadap wilayah yang dikuasai Hamas. 

Para pejabat AS mengatakan bahwa koordinator bantuan kemanusiaan AS yang baru, David Satterfield, akan bekerja dengan Israel untuk mengembangkan rencana yang lebih konkrit. "Biden berharap untuk mendengar dari Israel bagaimana mereka akan melakukan operasinya dengan cara yang meminimalkan korban sipil dan memungkinkan bantuan kemanusiaan mengalir ke warga sipil di Gaza dengan cara yang tidak menguntungkan Hama,” kata Blinken. 

"Atas permintaan kami, Amerika Serikat dan Israel telah sepakat untuk mengembangkan rencana yang memungkinkan bantuan kemanusiaan dari negara-negara donor, dan organisasi multilateral menjangkau warga sipil di Gaza,” kata Blinken. 

Dia mengatakan kedua belah pihak sedang mendiskusikan “kemungkinan menciptakan kawasan untuk membantu menjaga warga sipil dari bahaya.”

Biden telah bersumpah solidaritasnya yang teguh dengan Israel setelah mengalami serangan terburuk dalam 75 tahun sejarahnya. Namun dia juga telah menyuarakan keprihatinan mengenai usulan yang lebih parah yang dapat berdampak pada warga sipil di Gaza dan sebelumnya menekan Israel untuk membatalkan keputusan untuk memblokade pasokan air.

VIVA Militer: Pasukan Hamas Palestina

Photo :
  • aljazeera.com

"Kami memiliki kekhawatiran yang sama dengan Israel bahwa Hamas dapat menyita atau menghancurkan bantuan yang masuk ke Gaza atau mencegahnya mencapai orang-orang yang membutuhkannya,” kata Blinken. 

"Jika Hamas dengan cara apa pun menghalangi bantuan kemanusiaan untuk menjangkau warga sipil, termasuk dengan menyita bantuan itu sendiri, kami akan menjadi pihak pertama yang mengutuk tindakan tersebut dan kami akan berupaya mencegah hal serupa terjadi lagi.” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya