Pasukan China Siaga Setelah Kapal Perang AS dan Kanada Lewati Selat Taiwan

USS Rafael Peralta.
Sumber :
  • Facebook/USS Rafael Peralta DDG 115.

BeijingChina mengatakan, pada Kamis 2 November 2023, bahwa pasukannya “terus-menerus dalam siaga tinggi” setelah kapal perang Amerika Serikat dan Kanada melewati Selat Taiwan, yang merupakan jalur perlintasan mereka dalam dua bulan.

Brigadir Ridhal Ali Diduga Setor ke Kapolres, Madinah Diterjang Banjir Bandang

USS Rafael Peralta, kapal perusak kelas Arleigh Burke, dan kapal fregat kelas Halifax milik Angkatan Laut Kanada HMCS Ottawa melakukan transit "rutin" melalui selat tersebut pada hari Rabu 1 November 2023, kata Angkatan Laut AS.

“Pasukan di perairan tetap dalam siaga tinggi, dan dengan tegas akan melindungi kedaulatan dan keamanan nasional, serta perdamaian dan stabilitas regional,” kata Juru Bicara Komando Teater Timur China, Kolonel Senior Shi Yi, dalam sebuah pernyataan, melansir Channel News Asia.

Indonesian Embassy in Beijing Exposes Bride Scam in China

Kapal perang Taiwan bergabung dengan kapal penjelajah Amerika Serikat (AS) di Selat Taiwan, sementara kapal angkatan laut China membayangi mereka di dekatnya.

Photo :
  • US Navy Photo.

Shi mengecam transit terbaru ini sebagai “kehebohan publik” dan mengatakan angkatan laut dan udaranya “mengikuti semua jalur mereka.”

Jalan di Guangdong China Ambles 18 Meter, Puluhan Mobil Terperosok 24 Tewas

Lintasan kapal tersebut terjadi setelah dua kapal perang milik AS dan Kanada berlayar melalui jalur air sempit yang memisahkan pulau Taiwan dan daratan China pada 9 September.

Amerika Serikat dan sekutu Baratnya telah meningkatkan “kebebasan navigasi” penyeberangan kapal angkatan laut di Selat Taiwan dan Laut Cina Selatan yang disengketakan, untuk menegaskan bahwa keduanya adalah jalur perairan internasional, sehingga membuat marah Beijing.

Armada Ketujuh mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa transit tersebut dilakukan sesuai dengan hukum internasional dan “melalui koridor di Selat yang berada di luar laut teritorial negara pantai mana pun”.

“Kerja sama seperti ini mewakili inti dari pendekatan kita terhadap kawasan yang aman, dan sejahtera di mana pesawat dan kapal dari semua negara dapat terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional.”

Peta Selat Taiwan.

Photo :
  • ANTARA FOTO

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya memantau jalur tersebut pada Rabu malam, namun menambahkan bahwa “situasinya normal”.

China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya dan akan direbutnya suatu hari nanti, telah meningkatkan tekanan militer dan politik terhadap Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri. Hubungan keduanya memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan September, China mengirim 103 pesawat ke Taiwan dalam waktu 24 jam, yang digambarkan Taipei sebagai “tingkat tertinggi baru-baru ini”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya