Gencatan Senjata Hamas-Israel Dimulai Hari Ini, Pukul 07.00 Pagi

VIVA Militer: Tank Merkava militer Israel direbut pasukan Hamas Palestina
Sumber :
  • bulgarianmilitary.com

VIVA Dunia – Setiap mata dunia kini tengah menanti gencatan senjata antara Hamas dan Israel

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Terbaru, dikabarkan gencatan senjata selama empat hari antara Israel dan kelompok militer Hamas akan dimulai pada Jumat pagi, dan tawanan sipil akan dibebaskan dari Gaza pada hari berikutnya, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar. 

Berbicara pada pers, juru bicara kementerian luar negeri Majed Al-Ansari mengatakan bahwa gencatan senjata sementara akan dimulai pada pukul 7 pagi (05:00 GMT atau 12:00 WIB) dan 13 tawanan yang ditahan oleh Hamas akan dibebaskan pada pukul 4 sore (14:00 GMT atau 21:00 WIB), dengan peningkatan bantuan kemanusiaan. bantuan memasuki Gaza “sesegera mungkin”.

Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

PM Israel Benjamin Netanyahu

Photo :
  • NBC News

"Para sandera yang berasal dari keluarga yang sama akan ditempatkan di tempat yang sama,” katanya, melansir Al Jazeera, Jumat, 24 November 2023. 

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

"Setiap hari akan mencakup sejumlah warga sipil yang disepakati berjumlah 50 orang dalam empat hari," lanjutnya. 

Warga Palestina juga akan dibebaskan dari penjara Israel sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, yang juga mencakup penghentian permusuhan di Gaza, katanya.

Ke-13 tawanan yang dijadwalkan akan dibebaskan oleh Hamas adalah perempuan dan anak-anak, dan Al-Ansari mengatakan bahwa meskipun dia tidak dapat mengungkapkan jumlah tahanan Palestina yang akan dibebaskan pada hari Jumat, dia mengatakan kesepakatan itu bersifat “timbal balik, jadi kami mengharapkan pembebasan.” terjadi juga di pihak Israel”.

Al-Ansari juga mengatakan Palang Merah sedang berkoordinasi dengan seluruh pihak yang terlibat dalam pembebasan tawanan yang ditahan di Gaza. “Tujuan utama kami di sini adalah keselamatan para sandera,” katanya. 

Sayap militer Hamas mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan di Telegram bahwa gencatan senjata akan dimulai pada pukul 7 pagi waktu setempat. Gencatan senjata akan berlangsung selama empat hari, di mana semua tindakan militer yang dilakukan oleh Brigade al-Qassam, sayap bersenjata Hamas, dan pasukan Israel akan dihentikan, tambah pernyataan itu. 

Kantor perdana menteri Israel juga mengatakan Israel menerima daftar awal sandera yang akan dibebaskan dari Gaza. "Pihak berwenang terkait sedang memeriksa rincian daftar tersebut dan saat ini sedang menghubungi semua keluarga,” kata mereka dalam sebuah pernyataan. 

Para pengungsi Palestina terlihat di tempat penampungan sementara, yang diubah dari sebuah sekolah, di Jalur Gaza tengah.

Photo :
  • Antara Photo/Xinhua/Rizek Abdeljawad.

Penghentian perang sementara ini terjadi setelah beberapa minggu pertempuran yang menghancurkan, setelah Hamas melancarkan serangan terhadap Israel selatan pada tanggal 7 Oktober yang menurut pihak berwenang, menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera lebih dari 240 orang.

Pihak berwenang Palestina mengatakan bahwa setidaknya 14.532 orang telah meninggal dalam serangan Israel, 6.000 diantaranya adalah anak-anak. 

Ratusan ribu warga Palestina juga telah mengungsi, dan hanya ada sedikit pilihan untuk mencari perlindungan di wilayah yang padat penduduk tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya