Fakta-fakta Geert Wilders, Politisi Anti-Islam Menang Pemilu di Belanda

Geert Wilders
Sumber :
  • POLITICO

VIVA Dunia – Geert Wilders, tokoh populis sayap kanan telah memenangkan pemilu Belanda.

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

Wilders, seorang veteran politik yang pandangan blak-blakannya telah membuatnya tidak berkuasa dan berada di bawah perlindungan keamanan 24 jam selama bertahun-tahun, memenangkan mandat yang jelas untuk memimpin pemerintahan Belanda, dengan meraih 23% suara pada pemilu 22 November.

Mengalahkan semua prediksi, jajak pendapat Ipsos menempatkan partai miliknya, Partai Kebebasan (PVV) yang dipimpin Geert Wilders pada 35 dari 150 kursi, unggul 9 kursi dari saingan terdekatnya, kombinasi Partai Buruh/Kiri Hijau yang dipimpin mantan komisaris UE Frans Timmermans. Margin tersebut jauh lebih besar dari perkiraan.

Sosok Kenan Pownall, Winger Klub Belanda Berdarah Indonesia: Sepupu Nathan Tjoe-A-On

Geert Wilders

Photo :
  • Ynetnews

Partai yang dipimpin oleh Perdana Menteri Mark Rutte, yang merupakan partai konservatif VVD, berada di posisi ketiga dengan 23 kursi, berdasarkan exit poll, melansir Politico, Jumat, 24 November 2023.

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

Dikenal sebagai "Trump Belanda" karena rambutnya yang diwarnai dan retorikanya yang berapi-api, pesan anti-Islam, anti-imigran, dan anti-UE Wilders tampaknya akhirnya membawanya ke posisi pertama dalam pemilihan parlemen Belanda tahun 2023.

Dalam klip video yang diposting di media sosial tak lama setelah exit poll diterbitkan, Wilders terlihat merayakan kinerja PVV.

Dalam tanggapan pertamanya terhadap hasil awal, Wilders bersumpah untuk “mengembalikan” Belanda kepada Belanda. “Kita harus menemukan cara untuk memenuhi harapan para pemilih kita, untuk mengembalikan Belanda pada nomor satu,” kata Wilders. “Sekarang saatnya bagi para pihak untuk mencari kesepakatan, kita tidak bisa diabaikan.”

Jika hasil exit poll dikonfirmasi dalam hasil akhir, kemenangan Wilders menandai pergeseran tajam pemerintahan Belanda ke sayap kanan, PVV telah menjanjikan referendum mengenai keanggotaan Belanda di Uni Eropa.

“Ini mungkin bukan apa yang diinginkan oleh partai-partai lain di Eropa atau di negara-negara lain, tapi hei, itulah demokrasi,” kata pria berusia 60 tahun itu kepada wartawan saat dia memberikan suaranya.

Imigrasi adalah topik utama kampanye referendum dan sikap garis kerasnya, termasuk menutup perbatasan dan mendeportasi imigran ilegal, tampaknya diterima oleh para pemilih di Belanda.

Wilders juga terkenal atas kata-kata kasarnya terhadap dan Muslim. Dari menyebut orang Maroko sebagai “sampah” hingga mengadakan kompetisi kartun Nabi Muhammad, Wilders telah membangun karier dari misi yang ia rintis sendiri untuk menghentikan “invasi Islam” ke Barat.

Selama kampanye, ia berusaha untuk melunakkan pesannya, dengan mengatakan bahwa ia dapat menyimpan beberapa pandangannya yang lebih keras mengenai Islam “di dalam freezer”.

Dia menekankan bahwa dia akan menjadi perdana menteri bagi semua orang "tanpa memandang agama, latar belakang, jenis kelamin atau apa pun", dan menegaskan bahwa krisis biaya hidup adalah prioritas yang lebih besar.

Namun lawan-lawannya tidak pernah lelah untuk menunjukkannya, manifesto PVV-nya menceritakan kisah yang berbeda.

Dengan ciri khas retorika Wilders, manifesto tersebut berbunyi: "Para pencari suaka menikmati hidangan prasmanan kapal pesiar gratis yang lezat, sementara keluarga Belanda harus mengurangi belanjaan."

Geert Wilders

Photo :
  • POLITICO

Program tersebut mengusulkan pelarangan sekolah Islam, Al Quran, dan masjid. Jilbab akan dilarang di gedung-gedung pemerintah. “Belanda bukanlah negara Islam,” tambahnya.

Meskipun Wilders tampaknya menang dalam pemilu, tidak jelas apakah dia akan mampu mendapatkan dukungan yang diperlukan untuk membentuk koalisi yang cukup luas untuk membentuk pemerintahan yang bisa diterapkan.

Semua pemimpin dari tiga partai besar lainnya telah mengatakan bahwa mereka tidak akan bergabung dalam koalisi yang dipimpin PVV.                                                                                                  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya