Pertama Kalinya dalam Sebulan, Warga Palestina Bernafas Lega Karena Gencatan Senjata

VIVA Militer: Serangan udara militer Israel di Jalur Gaza, Palestina
Sumber :
  • sky.com

VIVA Dunia – Gencatan senjata yang akan berlaku selama empat hari, yang dimediasi oleh Qatar, telah berlaku dalam perang Israel-Hamas di Gaza. Jeda pertama setelah tujuh minggu pemboman telah ditanggapi dengan bantuan oleh warga Palestina.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Selama jeda kemanusiaan dalam pertempuran, yang dimulai pada pukul 7 pagi (05:00 GMT) pada hari Jumat, 150 tahanan Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel dan 50 tawanan yang ditahan oleh kelompok bersenjata Hamas di Gaza akan dibebaskan.

Pembebasan pertama, yang akan membebaskan 39 warga Palestina dan 13 warga Israel, diperkirakan terjadi pada Jumat sore waktu Palestina.

Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

VIVA Militer: Pasukan Front Pembebasan Rakyat Palestina (PLO)

Photo :
  • israeltoday.co.il

Beberapa jam sebelum dimulainya gencatan senjata, pemboman Israel meningkat di seluruh Jalur Gaza, dengan serangan di Rafah dan kota Khan Younis di selatan, serta penembakan artileri terus-menerus di utara wilayah kantong tersebut.

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

Almog Boker, koresponden stasiun Israel Channel 13, mengunggah video di media sosial X (sebelumnya Twitter) yang menunjukkan tentara Israel merayakan dari jauh ketika sejumlah bangunan dihancurkan di Jalur Gaza utara dalam satu jam terakhir sebelum dimulainya gencatan senjata.

Jeda pertama dalam pertempuran ini disambut dengan kelegaan besar, tak hanya oleh warga Palestina namun juga warga Israel, yang bersuka cita karena selamat dari pemboman Israel untuk pertama kalinya dalam beberapa minggu, menurut laporan Al Jazeera.

“Ini pertama kalinya kami tidak mendengar drone Israel sejak awal pertempuran ini,” kata warga Palestina bernama Tareq Abu Azzoum dari Khan Younis, Gaza selatan. “Masyarakat merasa ada secercah harapan bahwa jeda jangka pendek ini akan membuka jalan bagi gencatan senjata yang lebih lama.”

Berdasarkan kesepakatan tersebut, bantuan yang sangat dibutuhkan akan diizinkan masuk ke Gaza. Daerah kantong tersebut berada di bawah blokade total Israel sejak perang yang dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober.

VIVA Militer: Proses evakuasi mayat tentara Israel

Photo :
  • nbcnews.com

Mesir mengatakan 130.000 liter solar dan empat truk gas akan dikirim setiap hari ke Gaza selama empat hari. Secara keseluruhan, 200 truk yang membawa bantuan akan memasuki Gaza setiap hari.

Youmna ElSayed dari Al Jazeera, melaporkan dari perbatasan Rafah, mengatakan aliran truk yang membawa bahan bakar dan gas telah dimulai.

Bantuan tambahan akan mulai masuk dan tawanan pertama, termasuk perempuan lanjut usia, akan dibebaskan pada pukul 16.00 (14:00 GMT), kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar Majed al-Ansari di Doha. Jumlah sandera yang akan dibebaskan oleh Hamas akan meningkat menjadi 50 orang dalam empat hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya