Aktivis Pro-Palestina Sebut Zionisme Tak Akan Bisa Kalahkan Hamas, Israel Dibangun Atas Kebohongan

Demonstrasi mendukung Palestina.
Sumber :
  • AP Photo.

Gaza – Aktivis dan penulis Israel, Miko Peled, cucu salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan negara Yahudi tahun 1948, mengkritik kebijakan negaranya terhadap Palestina, dengan menyatakan bahwa Tel Aviv tidak dapat mengalahkan Gaza.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Penulis, yang ayahnya menjabat sebagai jenderal dalam Perang Enam Hari tahun 1967, berbicara tentang perjalanannya sebagai aktivis yang mengadvokasi hak-hak warga Palestina, dan mengevaluasi konflik yang dimulai pada 7 Oktober 2023 lalu.

“Saya berasal dari keluarga patriotik Zionis yang sangat terkemuka. Saya tumbuh sebagai seorang patriot, pendukung kuat negara saya, dan tentu saja, Zionisme,” kata Peled, yang lahir di Yerusalem pada tahun 1961.

Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

Dia menekankan bahwa tidak ada tempat yang disebut Palestina dalam filosofi dasar Zionisme, Peled mengatakan: "Menurut Zionisme, itu adalah tanah Israel, dan tanah itu bukan milik orang Palestina yang tinggal di sana, tetapi milik semua orang Yahudi di dunia. Jika anda punya ideologi supremasi, yaitu jika anda berpendapat bahwa satu kelompok memiliki hak lebih dari yang lain, maka anda harus menggunakan kekerasan. Anda harus memiliki rezim apartheid agar ideologi rasis ini terwujud. Itulah negara Israel," ujarnya, dikutip dari Anadolu Ajansi, Jumat, 24 November 2023.

Miko Peled.

Photo :
  • Istimewa.
Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

Peled, menunjukkan bahwa masalah Israel-Palestina tidak dimulai bulan lalu, tetapi 75 tahun yang lalu dengan berdirinya Israel.

"Sebagai sebuah gerakan, Zionis dan kemudian negara yang lahir dari gerakan ini menyatakan perang terhadap rakyat Palestina. Di Dalam perang ini, kita menyaksikan pembersihan etnis, kebijakan genosida, dan rezim apartheid yang rasis," bebernya.

Dia juga Menggambarkan Israel sebagai negara teroris. Peled juga menarik perhatian pada penindasan yang dialami warga Palestina selama bertahun-tahun.

“Warga Palestina berada dalam bayang-bayang terorisme setiap hari. Anda tidak tahu apakah Anda akan dipukuli atau dibunuh saat berjalan di jalan, apakah anak-anak anda akan aman bersekolah, apakah rumah anda akan dibongkar, apakah saudara-saudara anda akan diambil alih atau diculik dan dihilangkan oleh tentara Israel atau intelijen Israel,” lanjutnya.

Pria keturunan Israel-Amerika ini mengatakan dia mulai mempertanyakan keberadaan Israel setelah kematian salah satu anggota keluarganya lebih dari dua dekade lalu.

“Pada tahun 1997, putri kecil saudara perempuan saya terbunuh dalam serangan bunuh diri di Yerusalem. Dia berusia 13 tahun. Ini adalah tragedi yang secara fundamental mengguncang seseorang, anda tahu, setelah peristiwa seperti itu, anda tidak dapat memandang dunia dengan pandangan yang sama. Hal ini menuntun saya untuk memeriksa realitas dari apa yang diajarkan kepada saya, (tentang) keberadaan Israel." 

Israel adalah negara apartheid yang dibangun di atas kebohongan

Ratusan Umat Yahudi Duduki Patung Liberty, Desak Israel Hentikan Genosida dan Dukung Kebebasan Palestina.

Photo :
  • Aljazeera Photo/AFP.

Ia kemudian memulai perjalanan ke Palestina untuk mencari jawabannya. Dia menjelaskan bahwa dirinya mulai menyadari tanah airnya itu adalah negara orang lain.

"Saya hidup di semacam koloni, sebuah realitas yang dangkal dan dibuat-buat yang tidak nyata. Negara apartheid yang dibangun di atas kebohongan, dan kebohongan ini melegitimasi keberadaan negara Israel,” ungkap Pelod.

Sementara itu, mengenai serangan Israel yang sedang berlangsung di Gaza, yang dimulai setelah serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas, Peled mengatakan bahwa warga Palestina yang tidak ada hubungannya dengan konflik tersebut harus membayar mahal.

"Warga Palestina yang tidak ada hubungannya dengan peristiwa ini harus membayar mahal. Israel dipermalukan, dan sekarang mereka melakukan semua balas dendam dan kemarahan dari orang-orang yang tidak bersalah dan warga sipil yang tidak ada hubungannya dengan serangan itu."

VIVA Militer: Serangan udara militer Israel di Jalur Gaza, Palestina

Photo :
  • sky.com

Seperti diketahui, serangan udara dan darat Israel terhadap wilayah kantong yang terkepung tersebut telah menewaskan lebih dari 14.000 orang, sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak. Peled menekankan bahwa di media Barat ada kecenderungan untuk mengutuk Hamas.

"Tidak masuk akal untuk mengutuk mereka (Hamas) yang muncul untuk melawan, orang-orang yang telah berada di bawah tekanan begitu lama. Hal ini sudah diduga. Jika kita ingin menghilangkan perlawanan, maka kita harus menghilangkan tekanan. Perlawanan selalu merupakan reaksi terhadap penindasan. Respons Palestina terhadap kekerasan yang lebih besar yang telah berlangsung selama lebih dari 75 tahun sebagian besar adalah tanpa kekerasan."

“Jika ada sesuatu yang perlu dikutuk, itu adalah mengutuk rezim apartheid. Penting untuk mengutuk kekerasan, kebrutalan yang dihadapi warga Palestina setiap hari. Ribuan warga Palestina ditangkap dan dibunuh di Tepi Barat saat kita berbicara praktik rasisme. Kita perlu mengutuk para dokter Israel yang menandatangani petisi yang menyetujui pemboman rumah sakit di Gaza, para mahasiswa yang menuntut pengusiran warga Palestina-Israel dari asrama universitas, dan masih banyak lagi, karena melawan adalah puncak kemunafikan dan tidak ada artinya.”

Peled mengatakan tidak yakin bagaimana konflik saat ini akan terjadi, namun tetap menegaskan bahwa Israel tidak dapat mengalahkan Palestina. "Entah anda mengatakan Hamas atau yang lainnya. Tidak masalah anda menyebutnya apa. Orang-orang Palestina,  tidak peduli gerakan mana yang mereka ikuti, mereka tidak akan terkalahkan."

Dia juga menegaskan bahwa dukungan apa pun dari komunitas internasional sangat penting bagi kebebasan Palestina.

"Israel mewakili segala sesuatu yang kita tahu buruk. Menyerukan dukungan untuk Israel berarti lebih banyak kematian, lebih banyak kehancuran, lebih banyak rasisme, dan lebih banyak nyawa tak berdosa yang terbuang. Hal ini adalah perang melawan perdamaian dan keadilan. Masyarakat sekarang harus membuat pilihan."

Dia menekankan bahwa meskipun Palestina harus menanggung akibatnya yang berat, mereka terus berjuang dengan sekuat tenaga. Peled mengatakan dia berharap masalah ini akan berlanjut.

“Harapan saya adalah bahwa perubahan besar yang saya yakini terjadi pada 7 Oktober ini akan memajukan permasalahan Palestina, terutama dengan menggalang lebih banyak dukungan internasional, memungkinkan warga Palestina untuk menuntut apa yang memang layak mereka dapatkan. (Palestina) terbiasa menerima sangat sedikit, tapi saya pikir ini saatnya menuntut seluruh Palestina."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya