Warga New York Kembali Unjuk Rasa Dukung Palestina, Diwarnai Bentrok dengan Petugas

Unjuk rasa pro-Palestina di New York
Sumber :
  • New York Post

VIVA Dunia – Ratusan pengunjuk rasa pro-Palestina yang memadati jalan-jalan di sekitar Rockefeller Center, Kota New York, pada hari Rabu, bentrok dengan kepolisian NYPD dan meneriakkan “from the river to the sea,” yang telah lama dipandang sebagai slogan antisemit, dalam upaya untuk menggagalkan penyalaan pohon tahunan untuk mendukung Gaza.

Polisi Larang Warga Bawa Petasan saat Nobar Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan

Sambil mengibarkan bendera Palestina dan tanda-tanda yang menyerukan “diakhirinya genosida,” para pengunjuk rasa berkumpul di sepanjang Sixth Avenue bersama sekumpulan wisatawan yang mengantre untuk melihat upacara ikonik tersebut.

Karena tidak dapat mencapai pohon Natal di kota New York, massa yang sangat besar malah berkerumun di sekitar pohon di luar gedung News Corp, dan telah menjadi sasaran pengunjuk rasa pro-Palestina setidaknya dua kali, menurut laporan New York Post, Kamis, 30 November 2023.

1500 Orang Bakal Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Lapangan Banteng, Polisi Lakukan Ini

Unjuk rasa pro-Palestina di New York

Photo :
  • New York Post

“Bebaskan Palestina yang merdeka!” teriak para pengunjuk rasa.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Salah satu pengunjuk rasa terlihat memanjat ke atas pilar beralamat gedung, dan pengunjuk rasa lainnya terlihat membawa tanda besar bergambar swastika, yang membandingkan Pasukan Pertahanan Israel dengan Nazi Jerman.

Petugas NYPD terus-menerus memukul mundur massa, yang kemudian mendorong mundur dan menyebut polisi sebagai “Raja Nazi.”

Para pengunjuk rasa berusaha merobohkan barikade yang dipasang polisi untuk memisahkan mereka dari massa yang ingin mengikuti tradisi liburan Big Apple.

NYPD memerintahkan kehadiran keamanan tinggi sebelum protes yang direncanakan, memperingatkan bahwa “peningkatan kewaspadaan” diperlukan selama upacara penyalaan pohon Natal tahun ini di Rockefeller Center.

Penyelenggara pro-Palestina mengumumkan rencana mereka untuk mengganggu perayaan tersebut awal pekan ini, dan mencatat bahwa perayaan terkenal di dunia ini juga jatuh pada Hari Solidaritas Internasional untuk Rakyat Palestina yang diakui PBB.

Unjuk rasa pro-Palestina di New York

Photo :
  • New York Post

Unit NYPD tambahan dipanggil, sumber penegak hukum mengatakan bahwa petugas diserang.

“Mereka seharusnya menutupnya. Mereka kehilangan kendali atas jalan. Saya didorong, dipukul, ditendang. Itu omong kosong,” kata seorang polisi yang terjebak dalam keributan itu.

Beberapa pengunjuk rasa terlihat ditahan, meski tidak jelas apakah mereka akan didakwa atas masalah ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya