8 Negara Teraman di Dunia, Mustahil Diinvasi Negara Terkuat Sekalipun

Presiden AS Joe Biden bersama Presiden China, Xi Jinping.
Sumber :
  • ANTARA/China Daily,

Jakarta – Manusia adalah makhluk yang sangat kompetitif, sangat narsis, dan teritorial yang berbahaya. Sejak zaman kuno, manusia telah berjuang mati-matian untuk membela Tanah Air mereka. Sejak umat manusia dipenuhi dengan peperangan atas perluasan kerajaan atau wilayah. 

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Banyak penguasa dan pemimpin yang datang dan pergi, menjarah dan menyerang wilayah orang sehingga menjadi miliknya. Seperti Alexander Agung, Napoleon, Hitler, dan Chengiz Khan yang sejak ratusan tahun lalu menjadi sosok penjajah yang sangat kejam. 

Namun, selama ini ada negara yang hampir tidak pernah diserbu atau diinvasi. Negara ini memiliki kekebalan yang sangat luar biasa sehingga mencegah penjajah masuk ke negaranya. Nah, berikut ulasan mengenai negara yang mustahil diinvasi seperti dilansir dari buddymantra

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

1. Australia

Pemimpin oposisi Australia Anthony Albanese jadi PM

Photo :
  • ANTARA/AAP/Jason Edwards via Reuters)
Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Australia mempunyai kekebalan terhadap potensi penjajah yang terkait dengan karakter geografisnya. Kehadiran kepulauan membuat potensi penyerbu merasa terhalang dan merasa takut. Outback, yang mencakup 70% wilayahnya, adalah padang gurun yang tak berujung, tanpa adanya flora atau fauna yang terlihat dalam jarak ribuan kilometer.

Jepang dianggap sebagai musuh potensial terdekat Australia, dengan jarak mencapai 11.000 km, yang dipisahkan oleh Samudra Pasifik. Sehingga, jika Jepang memutuskan untuk menyerang Australia seperti yang terjadi selama Perang Dunia II dan memunculkan ketakutan, mereka harus menavigasi lautan sejauh 11.000 km.

Presiden Swiss Alain Berset

Photo :
  • Swissinfo

Swiss dikenal sebagai negara yang tidak memiliki musuh dan menjalin hubungan baik dengan setiap negara adidaya. Keberhasilan ini mungkin menjadi alasan setiap departemen UNO memiliki kantor pusat di Swiss. Meskipun tidak pernah terlibat dalam kekerasan, Swiss tetap menjadi salah satu negara paling kuat di dunia. 

Negara-negara adidaya seperti Prancis, Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat menjaga hubungan baik dengan Swiss, dengan sebagian besar aset moneter mereka disimpan di bank-bank Swiss. Oleh karena itu, kecuali seorang penyerbu pemberontak bersedia mengambil risiko mendapat masalah, sangat tidak mungkin ada yang akan berani menyerang Swiss.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Photo :
  • KCNA via AP

Korea Utara tidak hanya ditandai dengan kepemimpinan kejam Kim Jong-Un, tetapi juga kekuatan militernya. Dengan menjadi yang terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat, militer Korea Utara memiliki 700.000 personel aktif, 4.500.000 personel militer cadangan, 4.200 tank, 458 pesawat tempur, 967 kapal perang, dan 8 hulu ledak nuklir. 

Kekuatan nuklirnya sendiri sudah cukup untuk menakut-nakuti negara-negara terbesar dan paling kuat di dunia. Selama Perang Korea pada tahun 1950-an, bahkan Korea Selatan dan Amerika Serikat bersama-sama tidak dapat menaklukkan Korea Utara. Meskipun memiliki banyak musuh, namun tidak ada yang berani membuka konflik terbuka dengan Korea Utara.

4. Inggris Raya

Perdana Menteri Inggris (PM Inggris) Rishi Sunak

Photo :
  • AP Photo/David Cliff

Inggris Raya, sebagai salah satu negara paling kuat di dunia bersama dengan Amerika Serikat, Rusia, dan lainnya, memiliki keuntungan pertahanan berkat Selat Inggris yang sulit ditembus dan White Cliffs of Dover yang curam. Selama Perang Dunia II, Inggris berhasil mempertahankan diri dari invasi Nazi. 

Masyarakat Inggris membanggakan keunggulan teknologi dan kecakapan militer mereka. Dengan anggaran pertahanan tahunannya mencapai lebih dari $55 miliar, yang menjadi terbesar kelima di dunia, Inggris juga memiliki sekutu yang kuat melalui pengaturan NATO.

PM Kanada Justin Trudeau

Photo :
  • Al Arabiya

Kanada dianggap sebagai salah satu negara yang sulit untuk diserang, bahkan jika memiliki musuh, tidak ada yang berani mengambil risiko. Keuntungan utama Kanada terletak pada lokasinya yang dikelilingi oleh perairan Samudra Atlantik dan Pasifik, dengan suhu yang bisa mencapai di bawah -30 derajat Celsius. 

Suhu beku dan salju yang sering terjadi di dalam negeri menjadi hambatan besar untuk melibatkan tentara paling kuat di dunia. Satu-satunya cara aman untuk menyerang Kanada adalah melalui Amerika Serikat, yang merupakan tugas yang mustahil mengingat kekuatan dan hubungan yang baik antara kedua negara ini.

6. Jepang

Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida

Photo :
  • Kyodo News via AP

Jepang, sebagai salah satu negara paling maju dan kuat, memiliki sejarah kekuatan militer dan teknologi yang tak tertandingi. Ekonomi Jepang menempati peringkat keempat di dunia, dengan anggaran militer tahunannya mencapai lebih dari 50 miliar dolar AS. Negara ini memiliki amunisi militer yang canggih, dengan teknologi dan supremasi yang tidak tertandingi. 

Selama Perang Dunia II, Amerika Serikat bahkan harus menggunakan dua bom atom untuk menghentikan kemajuan Jepang. Oleh karena itu, jika seorang penyerbu masih berniat menyerang Jepang, dia harus menyeberangi lautan yang jauh dari mudah.

7. Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin saat berbicara dalam forum Russian Energy Week di Moskow, Rabu, 11 Oktober 2023.

Photo :
  • ANTARA

Rusia, sebagai negara terbesar di dunia, memiliki pertahanan alaminya yang kuat. Para jenderal Rusia bahkan bercanda bahwa yang perlu mereka lakukan hanyalah mundur dan membiarkan iklim melawan potensi penjajah. Iklim Siberia yang membeku dan pegunungan yang berbahaya menjadi hambatan yang tidak mungkin untuk dinavigasi.

8. Amerika Serikat

Presiden AS Joe Biden

Photo :
  • Dok Joe Biden

Amerika Serikat, sebagai negara terkuat, memiliki anggaran militer tahunan yang besar dan keuntungan geografis dengan lanskap yang melibatkan gurun, pegunungan, dataran tinggi, dan salju di Alaska. 

Dengan anggaran militer mencapai $600 miliar setiap tahun, Amerika Serikat memiliki tingkat senjata yang tinggi per kapita, dan patriotisme yang kuat yang akan menembak siapa pun yang berani mengancam negara tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya