2 Negara Uni Eropa Ini Warganya Disebut Tidak Bahagia, Kenapa?

Jerman
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Dunia  – Menurut Indeks Kebahagiaan UE, Eurostat yang baru, warga Bulgaria adalah negara paling tidak bahagia di Uni Eropa pada tahun 2022. Skala penilaian yang digunakan dalam survei Eurostat dari 0-10.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Bulgaria adalah satu-satunya negara di 27 negara Uni Eropa yang warganya mendapat nilai kurang dari 6 (5,3) untuk kepuasan hidup secara keseluruhan. Jerman adalah negara paling tidak bahagia kedua (6,5).

Bulgaria

Photo :
  • Pixabay
Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Austria berada di puncak daftar negara-negara Uni Eropa yang paling bahagia dan, bukan untuk pertama kalinya, masyarakat di sana memberikan skor kebahagiaan sebesar 7,9, mendekati angka 8. 

Dua negara runner-up di tiga besar, Rumania (7,3) dan Polandia (7,8), termasuk di antara negara-negara yang secara tradisional dianggap termiskin. Oleh karena itu penelitian ini menunjukkan bahwa uang bukanlah ukuran kebahagiaan yang paling penting.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Setiap tahun Eurostat, badan statistik resmi blok tersebut, mengukur seberapa bahagia sampel populasi di setiap negara anggota dengan kehidupan mereka. Skala tersebut berkisar dari nol ketidakpuasan mutlak hingga sepuluh yang berarti bahwa segala sesuatunya tidak akan menjadi lebih baik.

Hal ini juga menanyakan seberapa optimis individu yang ditanyai mengenai masa depan atau, tergantung kasusnya, seberapa pesimisnya.

Uang bukanlah segalanya

Bendera Jerman terlihat di depan Gedung Reichstag di Berlin.

Photo :
  • ANTARA/Wikimedia/Cezary Piwowarski.

Meskipun ada orang yang berasumsi bahwa semakin kaya suatu negara, maka semakin bahagia masyarakatnya, namun hal ini tidak berlaku secara umum.

Skor kebahagiaan Jerman turun, meskipun Jerman merupakan salah satu negara dengan perekonomian terkuat di antara 27 negara lainnya, angka kebahagiaannya sangat mencolok. Pada tahun 2021, mereka masuk dengan skor 7,1. Data terbaru menunjukkan angkanya turun menjadi hanya 6,5.

Meskipun statistik belaka tidak dapat menjelaskan mengapa masyarakat menjadi jauh lebih tidak bahagia dibandingkan tahun sebelumnya, statistik tersebut menunjukkan semakin suramnya suasana hati kolektif masyarakat Jerman.

Badan Jerman lainnya, Rheingold Institute yang berbasis di Cologne menggunakan jajak pendapat yang dicampur dengan wawancara mendalam. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan minggu lalu, mereka menemukan bahwa 20% orang “diliputi oleh kecemasan” dan 9% lainnya diklasifikasikan sebagai “tidak tertarik dan menarik diri”.

Jerman mengalami stagnasi ekonomi, kegelisahan terkait perang di Ukraina, pertumbuhan imigrasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan pemerintahan yang relatif tidak populer.

Apa yang membuat negara-negara paling bahagia?

Danube and Wachau valleys (Austria)

Photo :
  • pixabay

Ini bukan pertama kalinya Austria menduduki puncak klasemen. Mereka memberi tingkat kebahagiaan mereka dengan skor rata-rata 8. Austria adalah negara kaya sehingga hal ini mungkin tidak mengejutkan.

Namun di Rumania dan Polandia, dua negara yang lebih miskin, kepuasan hidup berada pada skala tertinggi, menunjukkan bahwa lebih banyak uang tidak selalu berarti lebih banyak kebahagiaan.

Sebaliknya, tampaknya faktor-faktor seperti usia, tingkat pendidikan, keluarga, dan situasi keuangan bisa lebih menunjukkan kepuasan secara keseluruhan dibandingkan kekayaan.

Terlepas dari permasalahan yang banyak dilaporkan mengenai generasi Millenial dan Gen Z, sebagian besar Negara Anggota menunjukkan bahwa orang yang berusia antara 16 dan 29 tahun menunjukkan kepuasan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Pola sebaliknya hanya terlihat di Denmark, Swedia, Irlandia, Belanda, Luksemburg, dan Finlandia. Keamanan finansial memang terwujud dalam data tersebut, hanya saja mungkin tidak seperti yang di harapkan.

Kepuasan hidup tampaknya sangat bergantung pada tingkat pendidikan seseorang yang sampai batas tertentu, mencerminkan tingkat pendapatan.

Di setiap Negara Anggota, kepuasan hidup meningkat seiring dengan tingkat pendidikan.

Di Malta, Austria, Finlandia, Belanda, Belgia, Irlandia, Swedia, Denmark dan Luksemburg, masyarakat di daerah pedesaan menyatakan diri mereka sedikit lebih bahagia, dengan kenaikan 0,2 poin ke atas.

Namun di Bulgaria, Rumania, Lituania, Slovakia, Portugal, Hongaria, Kroasia, Siprus, Jerman, dan Slovenia, penduduk perkotaan mengatakan mereka lebih puas dengan kehidupan.

Rumah tangga yang memiliki anak dilaporkan sebagai rumah tangga yang paling bahagia, sedangkan rumah tangga yang memiliki satu orang adalah rumah tangga yang paling tidak bahagia. Hal ini merupakan hal yang aneh di Eropa karena penelitian yang dilakukan di benua lain menemukan fakta sebaliknya.

Ini adalah tren yang mungkin akan diikuti oleh Eropa dalam waktu dekat. Antara tahun 2018 dan 2022, penurunan kepuasan hidup paling besar, sebesar -0,3 poin, terjadi pada rumah tangga yang memiliki anak yang menjadi tanggungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya