Dewan Pengawas Sebut Meta "Bersalah" Hapus 2 Video Serangan di Gaza

Meta (Facebook).
Sumber :
  • BeInCrypto

Washington Dewan pengawas independen Meta, pada Selasa, 19 Desember 2023, mengklaim bahwa raksasa media sosial tersebut “bersalah” telah menghapus postingan, yang menunjukkan penderitaan warga sipil, dalam konflik Timur Tengah.

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

Dewan tersebut, yang dibentuk oleh Meta sendiri, pada tahun 2020, sebagai mahkamah agung bagi raksasa media sosial tersebut, membatalkan dua keputusan penghapusan postingan, dan mendesak perusahaan untuk merespons lebih cepat terhadap perubahan peraturan mengenai seputar perang Israel di Gaza.

Dilansir dari The New Arab, Rabu, 20 Desember 2023, pada kasus pertama, Meta telah menghapus video di Instagram yang menunjukkan kejadian setelah serangan di atau dekat Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza selama serangan darat oleh Israel. Video tersebut menunjukkan warga Palestina, termasuk anak-anak, terluka atau terbunuh, menurut dewan tersebut.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

VIVA Militer: Bocah Palestina di tengah puing bangunan kota Gaza

Photo :
  • alarabiya.net

Kasus kedua, melibatkan keputusan Facebook untuk menghapus video seorang wanita Israel yang memohon kepada para penculiknya agar tidak membunuhnya saat dia disandera dalam serangan Hamas, pada 7 Oktober 2023, kata dewan tersebut.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

“Dewan fokus pada perlindungan hak atas kebebasan berekspresi orang-orang dari semua pihak mengenai peristiwa mengerikan ini, sambil memastikan bahwa tidak ada kesaksian yang memicu kekerasan atau kebencian," katanya.

Para dewan mendesak Meta untuk menyimpan postingan apa pun, yang mungkin berisi bukti pelanggaran hak asasi manusia.

Sementara itu, Meta mengatakan kepada dewan pengawas bahwa mereka untuk sementara menurunkan ambang batas penghapusan otomatis postingan, dengan konten yang berpotensi berbahaya setelah serangan pimpinan Hamas terhadap Israel.

"Penggunaan alat otomatis untuk moderasi konten di Facebook dan Instagram meningkatkan kemungkinan penghapusan postingan, yang menunjukkan kenyataan pahit tentang apa yang terjadi dalam konflik tersebut," menurut dewan.

“Kesaksian ini penting tidak hanya bagi para pembicara, namun juga bagi pengguna di seluruh dunia yang mencari informasi yang tepat waktu, dan beragam mengenai peristiwa-peristiwa terobosan,” kata McConnell.

"Beberapa di antaranya bisa menjadi bukti penting potensi pelanggaran berat terhadap hak asasi manusia internasional dan hukum humaniter.”

Meta (Facebook).

Photo :
  • DigitalAge

Keputusan konten oleh dewan pengawas bersifat mengikat, namun rekomendasinya tidak mengikat, menurut Meta.

Sebagai informasi, perang Israel di Gaza telah memakan banyak korban jiwa dan membangkitkan emosi yang intens di seluruh dunia. Jejaring sosial juga telah dibanjiri dengan gambar-gambar kekerasan, serta konten palsu yang dimaksudkan untuk memberikan informasi yang salah, sebagai tantangan bagi platform online.

Uni Eropa pada bulan Oktober mengirimkan Meta permintaan informasi tentang penyebaran konten kekerasan di platformnya. Investigasi serupa menargetkan TikTok, yang dimiliki oleh ByteDance yang berbasis di Tiongkok, dan X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya