Was-was Perompak Houthi Beraksi di Laut Merah, Kapal Kargo China Setop Pelayaran ke Israel

Kapal yang membawa barang-barang ekspor dan peti kemas China.
Sumber :

Laut Merah – Perusahaan pelayaran milik China, COSCO, yang merupakan perusahaan pelayaran terbesar keempat di dunia berhenti berlayar ke pelabuhan-pelabuhan Israel.

Mesir Buka-bukaan Ada Proposal Baru soal Gencatan Senjata di Gaza

Hal itu terjadi setelah 7 Januari 2024, ketika terjadinya serangan dan upaya penyitaan kapal-kapal yang menuju Israel melalui Laut Merah oleh kapal pasukan bersenjata Yaman.

Dilansir dari The Cradle, Selasa, 9 Januari 2024, laporan Israel mengindikasikan bahwa perusahaan China tidak mengungkapkan alasan perubahan kebijakan tersebut

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Kapal tunda tug boat mendorong kapal barang pembawa peti kemas

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Kantor COSCO di Israel juga menolak mengomentari perkembangan informasi itu. Laporan Globe mengaitkan keputusan tersebut dengan hubungan erat antara China dan Iran, yang menjual 90 persen ekspor minyak mentahnya ke Beijing.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Sebagai informasi, Iran adalah pendukung pemerintah Yaman dan menentang perang Israel yang sedang berlangsung di Gaza.

Perkembangan serupa juga terjadi pada OOCL yang berbasis di Hong Kong, yang menghentikan semua pengiriman kargo ke Israel bulan lalu dengan alasan masalah operasional.

Pada bulan yang sama, perusahaan pelayaran besar lainnya, termasuk Mediteranian Shipping Company (MSC) dan CMA CGM, mengumumkan keputusan mereka untuk menghentikan pengiriman ke Israel, satu hari setelah Angkatan Bersenjata Yaman menyerang dua kapal tujuan Israel.

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Maersk, perusahaan pelayaran dan logistik Denmark, mengumumkan pada Jumat, 5 Januari 2024, bahwa pihaknya akan menghentikan sementara kapal-kapal yang menuju Laut Merah dan Teluk Aden "mengingat kejadian baru-baru ini yang melibatkan Maersk Hangzhou dan perkembangan yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.

"Situasinya terus berkembang dan tetap sangat tidak stabil, dan semua informasi intelijen yang ada menegaskan bahwa risiko keamanan terus berada pada tingkat yang meningkat secara signifikan," kata perusahaan pelayaran Denmark tersebut.

Setelah jeda operasi sebelumnya, perusahaan tersebut memutuskan untuk melanjutkan operasinya pada 24 Desember setelah inisiatif keamanan multinasional mengerahkan pasukan untuk melawan serangan. Namun Maersk berhenti lagi pada Selasa.

Perusahaan tersebut, pada Selasa mengatakan: "Jika hal ini paling masuk akal bagi pelanggan kami, kapal akan dialihkan rutenya dan melanjutkan perjalanan mereka mengelilingi Cape of Good Hope."

"Kami tetap berkomitmen untuk meminimalkan dampak terhadap rantai pasokan pelanggan kami dan akan terus memberi Anda informasi terkini mengenai situasinya."

VIVA Militer: Milisi Houthi membajal kapal kargo Galaxy Leader

Photo :
  • thedrive.com

Kelompok pemberontak Houthi di Yaman, yang didukung Iran, yang secara resmi dikenal sebagai Ansar Allah, telah meningkatkan keterlibatan mereka secara signifikan dalam konflik di Jalur Gaza.

Kelompok tersebut telah memperingatkan bahwa mereka akan menyerang semua kapal tujuan Israel di Laut Merah -- salah satu rute laut yang paling sering digunakan di dunia untuk pengiriman minyak dan bahan bakar -- dalam upaya mendukung warga Palestina ketika mereka menghadapi agresi dan pengepungan Israel di Gaza.

Washington dan sekutunya kemudian membentuk koalisi angkatan laut Penjaga Kemakmuran dan mengeluarkan ultimatum kepada pemerintah Yaman yang dipimpin Ansarallah untuk menghentikan operasi mereka di Laut Merah atau mereka akan menanggung konsekuensinya.

Tindakan Yaman telah memaksa banyak perusahaan pelayaran terkemuka untuk melakukan perjalanan di sekitar Tanjung Harapan, di ujung selatan Afrika untuk mencapai Eropa. Hal ini memperpanjang waktu pengiriman selama dua minggu dan meningkatkan biaya.

Pada 31 Desember lalu, angkatan laut AS menenggelamkan tiga kapal Yaman di Laut Merah, dan menewaskan sepuluh tentara angkatan laut Yaman.

Sejak awal konflik Gaza pada 7 Oktober 2023, pasukan militer Yaman telah menargetkan minimal 15 kapal dagang yang menuju pelabuhan Israel atau milik entitas yang terkait dengan Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya