5 Fakta Mengerikan Pemakaman Langit, Mayat Dimakan Burung

Sky Burial Tibet
Sumber :

Jakarta – Setiap budaya memiliki pandangan yang berbeda mengenai apa yang terjadi setelah kita meninggal dunia, seperti kehidupan abadi, reinkarnasi, atau keadaan ketiadaan.

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Bagi mereka yang berpikir tentang kehidupan setelah kematian, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mencapainya? Di masyarakat Tibet, solusi untuk dilema ini dapat ditemukan melalui praktik kuno yang dikenal sebagai 'pemakaman atau penguburan langit'.

Sky Burial

Photo :
5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Hal ini juga disebut sebagai penguburan selestial. Adapun istilahnya oxymoronic, yakni mayat sebenarnya tidak dikuburkan. Namun mereka ditinggalkan di lereng gunung dan terkena unsur-unsur di mana mereka dimakan oleh burung nasar atau Dakini (malaikat).

Kebiasaan ini dikenal sebagai jhator yaitu memberi sedekah kepada burung. Ini berasal dari Buddhisme Vajrayana, sebuah prinsip agama Buddha yang mengajarkan perpindahan roh. Tubuh dianggap sekadar wadah bagi jiwa. Jadi begitu kehidupan telah habis masa berlakunya, maka kehidupan itu tidak perlu dilestarikan.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Kembali ke Alam

Jhator menganut ajaran Buddha bahwa hidup itu tidak kekal dan manusia pada dasarnya terhubung dengan lingkungannya. Ini menggabungkan etos Buddhis tentang kemurahan hati dan kasih sayang terhadap segala sesuatu, termasuk hewan.

Di jhator, tubuh dikembalikan ke alam, memberi nutrisi pada makhluk hidup lainnya. Bukannya pemakan bangkai, orang Tibet menganggap burung nasar sebagai hewan suci dan mereka mempunyai tujuan penting dalam kematian: mengangkut roh ke surga untuk menunggu reinkarnasi.

Doa dan Persiapan

Beberapa hari pertama setelah seorang warga Tibet meninggal, jenazahnya disimpan di rumah, dibungkus dengan kain putih dan ditempatkan di sudut rumah. Lama atau biksu dipanggil untuk mendaraskan doa antara 24 jam hingga tiga hari, yang diyakini dapat melepaskan jiwa dari api penyucian.

Sky Burial

Photo :

Bagi umat Buddha Tibet, kematian adalah perjalanan spiritual yang kompleks dan tidak ada hubungannya dengan bentuk fisik.

Hal ini dianggap sebagai perjalanan dari kehidupan yang terikat di bumi ini ke kehidupan berikutnya, dengan ritual yang sangat penting untuk memastikan jiwa dapat menavigasi apa yang oleh orang Tibet disebut sebagai bardo. Yakni ruang seperti mimpi yang terletak di antara kematian dan kelahiran kembali.

Ketika tiba waktunya untuk penguburan, tulang belakang dipatahkan dan jenazah digerakkan ke posisi janin dan dikemas siap untuk diangkut.

Teman dekat atau kerabat bertugas membawa jenazah ke tempat pemakaman suci, atau durtro. Perjalanan dimulai saat matahari terbit dan keluarga mengikuti prosesi, menabuh genderang dan bernyanyi. Ini bisa menjadi perjalanan yang sulit: lokasi pemakaman terpencil dan terpencil, terletak di tanjakan yang curam, menjadikan jhator sebagai pendekatan unik terhadap kematian.

Kematian dan Pembedahan

Biasanya, hanya keluarga yang diizinkan menghadiri pemakaman langit; kehadiran orang asing diyakini dapat menghambat kenaikan jiwa ke surga. Namun, laporan saksi mata baru-baru ini dari masyarakat Barat menunjukkan bahwa mereka diperbolehkan menonton dengan janji menjaga jarak dan tidak mengambil foto.

Jenazah diangkat ke atas panggung batu oleh rogyapa, atau pemecah badan. Tugas mereka persis seperti yang terdengar. Yaitu para rogyapa membedah tubuh sehingga burung nasar yang menunggu dapat mengambil dagingnya.

Sky Burial di Tibet, ritual mayat dengan cara diletakan di area lapang dan jadi santapan burung pemakan daging | gambar: silahkanshare.com

Photo :
  • vstory

Kadang-kadang seorang ahli pemakaman lama akan melakukan ritual ini, membacakan doa serta menghancurkan jenazah.

Pertama, dia (dan hampir seluruhnya berjenis kelamin jantan) membakar pohon juniper untuk menarik perhatian burung nasar. Ratusan mereka tiba untuk bertengger di dekatnya dan berputar-putar di atas kepala.

Para rogyapa kemudian mulai bekerja, menggunakan pisau untuk memisahkan tubuh tersebut.

Pertama-tama dia mencabut dan membuang rambutnya (terkadang disimpan dan disimpan di sebuah ruangan di kuil). Kemudian pemecah tubuh itu mencabut anggota badannya, mengupas daging dari tulangnya dan melemparkannya ke kawanan burung nasar lapar yang mendekat.

Meski terdengar seperti pekerjaan yang mengerikan, para rogyapa cenderung tertawa dan bercanda saat bekerja karena suasana santai dianggap sangat penting dalam membimbing orang yang meninggal dari kehidupan ini ke kehidupan selanjutnya. Setelah pekerjaannya selesai, dia mundur untuk membiarkan burung nasar berkumpul dan memakan tubuh tersebut.

Pemakaman Langit Hari Ini

Saat ini, pemakaman langit adalah praktik yang diakui dan dilindungi secara resmi. Kendati demikian, ada juga yang menentangnya.

Pemerintahan Komunis di Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Mongolia mengecamnya sebagai takhayul, dan Tiongkok langsung melarangnya sejak akhir 1960-an hingga 1980-an.

Meskipun masih umum terjadi di masyarakat pedesaan, penurunan populasi burung nasar telah membuat penguburan di langit semakin sulit dilakukan dan sisa obat-obatan serta bahan kimia yang tersisa dari intervensi medis modern sering kali menghalangi mereka yang masih hidup.

Ini juga merupakan ritual yang mahal, berkat keterampilan khusus para rogyapa. Karena alasan ini, beberapa keluarga memilih jhator bentuk kedua, di mana jenazah dibiarkan utuh dan dipaparkan kepada pemulung dengan sedikit upacara tambahan. Di daerah perkotaan, kremasi menjadi pilihan yang semakin disukai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya