Berulang Tahun, Tak Ada yang Tahu Umur Kim Jong Un yang Sebenarnya

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un
Sumber :
  • laprensalatina.com

VIVA Dunia – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un baru saja berulang tahun ke-40 pada awal Januari ini, tanpa adanya perayaan publik yang diumumkan di dalam negeri.

Segera Nikah Lagi di Usia 77 Tahun, Anwar Fuady: Saya Enggak Ada yang Urus

Media resmi pemerintah KCNA mengumumkan ulang tahun Kim Jong Un pada 8 Januari 2024.

Sejak mengambil alih kekuasaan dari ayahnya pada akhir tahun 2011, Kim Jong Un, generasi ketiga dari keluarganya yang memerintah Korea Utara, diyakini telah membentuk kepemimpinan absolut yang serupa dengan para pendahulunya.

King Nassar Unggah Foto Bareng Irish Bella, Warganet Heboh Menjodohkan

Namun ulang tahunnya belum dirayakan secara resmi, tidak seperti mendiang ayahnya Kim Jong Il dan kakek Kim Il Sung. Ulang tahun mereka adalah dua hari libur terbesar di Korea Utara dan ditandai dengan keriuhan besar, kampanye loyalitas, dan terkadang parade militer besar-besaran.

Kim Jong Un kunjungi peternakan ayam

Photo :
  • AP News
Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Banyak ahli yang juga berkata bahwa usia yang kini diketahui publik, bukan lah usia Kim Jong Un yang sebenarnya, dan dikatakan bahwa usia sebenarnya lebih muda daripada yang diketahui publik.

Pada hari Senin, kantor berita Korea Utara menerbitkan artikel panjang yang memuji bimbingan Kim terhadap proyek-proyek konstruksi besar dalam dekade terakhir. Dilaporkan juga Kim mengunjungi peternakan ayam bersama putrinya pada hari sebelumnya. Tapi tidak disebutkan hari ulang tahunnya, melansir laporan AP News, Kamis, 25 Januari 2024.

Beberapa pengamat berspekulasi bahwa Kim mungkin berpikir dia masih terlalu muda atau membutuhkan prestasi lebih besar untuk mengadakan perayaan ulang tahun yang mewah. Yang lain mengatakan kurangnya pesta ulang tahun di depan umum mungkin terkait dengan kekhawatirannya mengenai perhatian terhadap mendiang ibunya yang lahir di Jepang.

Ulang tahun merupakan inti dari mitologi Kim Il Sung dan Kim Jong Il, yang telah memerintah Korea Utara dengan status seperti dewa sejak negara tersebut berdiri pada tahun 1948.

Ulang tahun mereka, 15 April untuk Kim Il Sung dan 16 Februari untuk Kim Jong Il, biasanya dirayakan dengan penghormatan kepada patung raksasa, pesta dansa, kembang api, dan pertunjukan seni. Pada beberapa hari ulang tahun yang penting, militer Korea Utara mengadakan parade besar dengan tentara yang hebat dan senjata ampuh yang mampu menargetkan AS dan Korea Selatan.

Ulang tahun Kim Il Sung ditetapkan sebagai hari libur resmi pada tahun 1968 ketika ia berusia 56 tahun, menurut situs web yang dikelola oleh Kementerian Unifikasi Korea Selatan, yang menangani hubungan dengan Korea Utara. Ulang tahun Kim Jong Il dilaporkan menjadi hari libur resmi pada tahun 1982, ketika ia berusia 40 tahun.

Korea Utara tidak pernah secara resmi mengomentari hari ulang tahun Kim Jong Un.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Photo :
  • KCNA via AP

Satu-satunya saat Kim diberi penghormatan di depan umum pada hari ulang tahunnya adalah pada tahun 2014, ketika mantan bintang NBA Dennis Rodman menyanyikan “Selamat ulang tahun” sebelum pertandingan eksibisi bola basket di Pyongyang. Situs web yang dikelola Kementerian Unifikasi menyatakan bahwa Kim Jong Un lahir pada 8 Januari.

Ada juga pandangan bahwa Kim mungkin khawatir akan memberikan perhatian yang tidak diinginkan kepada ibunya, Ko Yong Hui, seorang penari kelahiran Jepang yang dikenal sebagai istri ketiga atau keempat ayahnya, jika ulang tahunnya yang sebenarnya diketahui publik. Hubungan Ko dengan Jepang, yang pernah menjajah Semenanjung Korea di masa lalu, dan fakta bahwa ia bukan istri pertama Kim Jong Il, dianggap merugikan pemerintahan dinasti Kim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya