Pakistan Matikan Seluruh Jaringan Telepon Seluler di Negaranya Pas Pemilu, Ini Alasannya

Ilustrasi Pemilu di Pakistan
Sumber :
  • Al Jazeera

Pakistan – Negara Pakistan telah menghentikan layanan telepon seluler secara nasional di negaranya di hari pemilu

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Sebuah pernyataan dari Kementerian Dalam Negeri pada hari Kamis mengatakan "nyawa berharga telah hilang dalam serangan bersenjata baru-baru ini dan langkah-langkah keamanan sangat penting untuk menjaga situasi hukum dan ketertiban dan untuk menghadapi potensi ancaman," tulis mereka, melansir Al Jazeera, Jumat, 9 Februari 2024.

Diketahui, seorang petugas polisi tewas pada hari Kamis ketika orang-orang bersenjata melepaskan tembakan ke sebuah kendaraan patroli di wilayah barat laut Tank, kata laporan media lokal.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Ilustrasi Pemilu di Afghanistan

Photo :
  • Al Jazeera

Selain itu, setidaknya 28 orang tewas dalam dua ledakan bom di luar kantor kandidat pada hari Rabu dalam serangan yang diklaim dilakukan oleh kelompok ISIS, dan dua kandidat telah ditembak mati menjelang pemungutan suara. 

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Nighat Dad, seorang pengacara yang menjalankan organisasi nirlaba Digital Rights Foundation, mengatakan pemadaman jaringan telepon tersebut "adalah serangan terhadap hak-hak demokratis rakyat Pakistan". 

"Mematikan layanan telepon seluler bukanlah solusi terhadap masalah keamanan nasional. Jika Anda menutup akses terhadap informasi, Anda akan menciptakan lebih banyak kekacauan. Bagaimana Anda menghubungi (siapa pun) jika, amit-amit, ada serangan?" katanya.

Dia menambahkan bahwa ada lebih banyak ruang untuk penyebaran disinformasi, termasuk tentang laporan serangan yang belum dikonfirmasi. “Masyarakat tentu saja akan mengutamakan keselamatan mereka jika mereka tidak dapat memverifikasi rumor adanya serangan di daerah mereka,” katanya, sambil menekankan bahwa disinformasi seperti itu dapat menyebabkan para pemilih menjauhi tempat pemungutan suara.

Pakistan juga menutup sementara beberapa perbatasan daratnya dengan Iran dan Afghanistan untuk meningkatkan keamanan di tengah meningkatnya kekerasan. 

Penangguhan layanan seluler juga menyusul seruan mantan Perdana Menteri Imran Khan yang dipenjara kepada para pendukungnya untuk menunggu di luar tempat pemungutan suara setelah pemungutan suara sampai hasilnya diumumkan.

Tahun lalu, para pendukung Khan menggeledah beberapa gedung pemerintah dan bentrok dengan tentara ketika mereka berusaha mencegah penangkapannya.

Pemilu yang digelar pada hari Kamis itu telah dinodai oleh tuduhan kecurangan sebelum pemungutan suara, dan lembaga jajak pendapat memperkirakan jumlah pemilih yang berpartisipasi akan rendah setelah Khan dipenjarakan dan tindakan keras terhadap PTI yang dipimpinnya. 

Hasil pertama yang tidak resmi dalam pemilu parlemen dan provinsi diperkirakan akan keluar beberapa jam setelah pemungutan suara ditutup pada pukul 17.00 (12.00 GMT) dan gambaran yang lebih jelas kemungkinan akan muncul pada hari Jumat pagi. 

Situasi Setelah Bom di Pakistan (Doc: The Sundaily)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Pertarungan utama diperkirakan akan terjadi antara kandidat yang didukung oleh Khan, yang partainya PTI yang memenangkan pemilu nasional terakhir, dan Liga Muslim Pakistan (PMLN) yang dipimpin oleh Nawaz Sharif, yang menjabat sebagai perdana menteri tiga kali, yang dianggap sebagai kandidat terdepan. 

Bilawal Bhutto Zardari, putra mantan perdana menteri Benazir Bhutto yang berusia 35 tahun, juga menjalankan kampanye agresif dalam upaya pihak luar untuk menduduki jabatan tertinggi negara itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya