Syarat Masuk Thailand Harus Bawa Rp6,5 Juta, Netizen Protes Karena Rawan Copet

source : www.bangkok.com / ilustrasi destinasi wisata
Sumber :
  • vstory

Bangkok – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Thailand, memberikan pengumuman soal syarat terbaru masuk ke Thailand untuk traveler Indonesia.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

"Berdasarkan ketentuan Imigrasi Thailand, WNA yang melakukan kunjungan singkat dengan bebas visa ke Thailand perlu menunjukkan bukti kemampuan finansial untuk menunjang hidup selama berada di Thailand," tulis akun @Indonesiainbangkok melalui akun Instagram resminya, pada 15 Februari 2024 lalu.

Wisata Bangkok, Thailand.

Photo :
  • Pexels
30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

Thailand merupakan salah satu negara yang bebas visa untuk paspor Indonesia, yang membuat WNI bebas masuk ke negara Gajah Putih tersebut. Namun, baru-baru ini bebas visa tersebut diembel-embeli dengan beberapa syarat.

Berikut syarat masuk ke Thailand:

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

1. Memiliki masa berlaku paspor paling sedikit 6 bulan

2. Memiliki bukti tiket pulang

3. Memiliki bukti pemesanan akomodasi/hotel selama berada di Thailand

4. Memiliki bukti finansial untuk dapat menunjang biaya hidup selama berada di Thailand antara lain dengan membawa uang tunai yang cukup.

Dalam kolom komentarnya, KBRI Bangkok pun merinci poin nomor empat dengan minimal membawa uang tunai 15.000-20.000 bath atau sekitar Rp6,5 juta per orang.

"Berdasarkan sumber terbuka, dianjurkan minimal membawa uang tunai 15.000-20.000 bath per orang (sekitar Rp 6,5 juta). Sekiranya membutuhkan bantuan kekonsuleran/pelindung, silakan menghubungi hotline KBRI Bangkok pada nomor +66 929031103. Terima kasih." tulis KBRI Bangkok.

Pasar di Bangkok, Thailand

Photo :
  • pixabay

Unggahan KBRI Bangkok tersebut lantas mendapat respon netizen. Banyak dari mereka yang mengaku keberatan dengan persyaratan tersebut karena maraknya pencopetan di Thailand.

"Jadi trauma bawa uang cash Baht sebanyak itu, bulan lalu bawa 16k Baht, baru dijajanin separuhnya malah kena apes dompet dicopet lumayan bgt 5k Baht di dompet raib (seharusnya) masih bisa dipake belanja dan jalan-jalan, nyesek juga kalau diingat lagi," tulis salah satu akun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya