Pemberontak Burkina Faso Eksekusi Mati 170 Orang, Termasuk Wanita dan Anak-anak

Burkina Faso
Sumber :
  • Arise News

Burkina Faso – Sekitar 170 orang termasuk perempuan dan anak-anak telah “dieksekusi mati” dalam serangan di tiga desa di Burkina Faso, kata jaksa penuntut umum. Jaksa Ouahigouya Aly Benjamin Coulibaly meminta saksi untuk membantu menemukan pelaku penyerangan Komsilga, Nordin dan Soro.

Kasus Korupsi Kredit Macet Jaksa Eksekusi Eks Pegawai Bank BUMN ke Penjara

Tentara negara itu merebut kekuasaan pada tahun 2022, namun lebih dari sepertiga wilayah Burkina Faso masih dikendalikan oleh pemberontak.

Jaksa Ouahigouya Aly Benjamin Coulibaly mengatakan dia telah menerima laporan serangan yang terjadi pada 25 Februari di desa Komsilga, Nodin dan Soroe di provinsi Yatenga, melansir BBC, Senin, 4 Maret 2024.

Kepala Hak Asasi Manusia PBB Kutuk Serangan Terbaru Israel ke Gaza

Burkina Faso

Photo :
  • Al Jazeera

Orang-orang yang selamat dari serangan tersebut mengatakan bahwa puluhan perempuan dan anak kecil termasuk di antara para korban. Banyak orang lain yang tidak teridentifikasi yang terluka, tambah Coulibaly.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Ada sejumlah insiden lain pada hari yang sama dengan serangan Yatenga, menurut sumber keamanan. Sekitar 29 orang tewas dalam serangan terpisah di sebuah masjid di Natiaboani dan sebuah gereja di Essakane, sementara pemberontak juga menyerang sebuah detasemen militer di Tankoualou dan batalion respon cepat di Kongoussi di utara.

Menteri Keamanan Mahamadou Sana menggambarkan gelombang serangan itu “terkoordinasi.”

“Perubahan pendekatan taktis musuh ini karena basis teroris telah dihancurkan serta kamp pelatihan dan tindakan dilakukan untuk mengeringkan sumber pendanaan musuh, serta koridor pasokannya,” ujarnya, melansir DW, Senin, 4 Maret 2024.

Burkina Faso telah bergulat dengan pemberontakan jihad dari berbagai kelompok pemberontak yang berafiliasi dengan al-Qaeda dan kelompok yang disebut “Negara Islam” sejak tahun 2015. Lebih dari 20.000 orang tewas dalam kekerasan tersebut dan lebih dari dua juta orang terpaksa mengungsi di salah satu negara termiskin di dunia.

Kemarahan terhadap ketidakmampuan negara untuk mengakhiri ketidakamanan memainkan peran utama dalam dua kudeta militer pada tahun 2022. Pemimpin kuat saat ini, Ibrahim Traore, menjadikan perang melawan kelompok pemberontak sebagai prioritas dan memerintahkan pasukan Prancis keluar dari negara itu sambil memperkuat hubungan dengan Rusia.

Dia mengatakan kantornya memerintahkan penyelidikan dan juga meminta informasi kepada masyarakat untuk melaporkan jika mendengar kabar akan adanya penyerangan.

Burkina Faso

Photo :
  • Arise News

Burkina Faso (Sebelumnya bernama Upper Volta, Republic of Upper Volta), yang juga dikenal dari nama pendeknya Burkina, adalah sebuah negara terkunci daratan di Afrika Barat, yang dikelilingi oleh 6 negara : Mali di sebelah utara, Niger di sebelah timur, Benin di sebelah tenggara, Togo dan Ghana di sebelah selatan dan Pantai Gading di barat daya.

Burkina Faso merupakan salah satu negara termiskin di dunia, yang hanya memiliki beberapa sumber daya alam dan basis industri yang lemah. Sekitar 90% penduduk bergerak dalam bidang pertanian subsisten, yang rentan terhadap kekeringan periodik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya