Israel Batal Kirim Delegasi Bahasa Gencatan, Hal Ini Jadi Alasannya

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (Doc: AP Photo)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Tel Aviv – Gencatan senjata antara Hamas dan Israel belum mencapai kesepakatan hingga saat ini. Israel menolak mengirim delegasinya ke Kairo, Mesir, untuk membahas gencatan senjata tersebut.

Posting Foto Gelas Starbucks saat Umroh Dikecam, Zita Anjani Tantang Balik Masyarakat Untuk Ini

Dilansir dari CNN Internasional, Senin, 4 Maret 2024, alasan Israel menolak adalah karena Hamas tidak merespons dua tuntutan yang diajukan Israel.

Tuntutan tersebut meliputi penyampaian daftar sandera, yang mencantumkan yang masih hidup dan yang sudah meninggal, serta konfirmasi mengenai jumlah tahanan Palestina yang akan dibebaskan dari penjara Israel sebagai imbalan pembebasan sandera.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Netanyahu (Doc: Anadolu Ajansi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Pejabat tersebut meminta untuk tidak disebutkan namanya untuk membahas manuver diplomatik tertutup.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Keputusan untuk tidak mengirimkan delegasi Israel ke Kairo, Mesir, juga dibuat oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang berkoordinasi dengan Direktur Mossad David Barnea,yang telah menjadi negosiator utama Israel.

"Barnea menerima pesan bahwa Hamas tidak menanggapi persyaratan tersebut," kata pejabat Israel.

Seorang pejabat tinggi Hamas tidak segera menanggapi pertanyaan CNN tentang apakah kelompok militan tersebut telah menanggapi kondisi Israel.

Sebagai informasi, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memang sempat menguraikan syarat-syarat tersebut sebelum memutuskan gencatan senjata.

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu

Photo :
  • Menahem Kahana/Pool Photo via AP

"Saya ingin mengetahui terlebih dahulu nama-nama semua sandera yang akan dimasukkan dalam garis besar tersebut. Saya belum menerima jawaban atas kedua pertanyaan tersebut, dan masih terlalu dini untuk mengatakan, meskipun kami sudah bersedia, apakah kami akan mencapai garis besar untuk rilis tambahan dalam beberapa hari mendatang," ucap Netanyahu.

Keputusan Israel bahwa tidak ada delegasi yang akan pergi ke Kairo terjadi hanya sehari setelah seorang pejabat senior di pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada wartawan bahwa Israel "pada dasarnya telah menerima" proposal gencatan senjata selama enam minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya