Deretan Negara Asia yang Terapkan Wajib Militer, Ada 3 Tetangga Indonesia

Jang Ki Yong selesai wajib militer
Sumber :
  • Soompi

Jakarta – Dalam konteks perubahan dinamika geopolitik di kawasan Asia, sejumlah negara telah mengadopsi kebijakan wajib militer sebagai bagian penting dari sistem pertahanan nasional mereka.

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Langkah ini tidak hanya mencerminkan kompleksitas ancaman keamanan yang dihadapi oleh negara-negara tersebut, tetapi juga membantu membentuk identitas kebangsaan dan solidaritas dalam upaya meningkatkan pertahanan secara bersama-sama.

Mulai dari Asia Timur hingga Asia Tenggara, wajib militer telah menjadi bagian integral dari kehidupan warga negara di berbagai wilayah.

Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

Artis Korea yang siap menyelesaikan tugas wajib militernya

Photo :
  • Soompi

Kebijakan ini tidak hanya merupakan kewajiban hukum semata, tetapi juga merupakan medium yang membentuk nilai-nilai seperti kedisiplinan, keberanian, dan loyalitas terhadap negara. Berikut adalah enam negara di Asia yang menerapkan wajib militer kepada warganya:

Taeyong Resmi Wajib Militer, Dapat Dukungan Hangat dari Anggota NCT

1. Korea Selatan

Korea Selatan dilaporkan membutuhkan pasukan yang besar menyusul ancaman berkelanjutan dari Korea Utara. Bagi laki-laki Korsel yang berusia 18 hingga 28 tahun harus mengikuti wajib militer setidaknya selama 18 bulan.

Namun, perempuan tak wajib mengikuti sistem ini. Jika di antara perempuan negara itu ada yang minat, mereka bisa mendaftar di Korps Pelatihan Perwira Cadangan.

Masa wajib militer seseorang berbeda-beda karena sejumlah faktor. Mulai dari cabang militer tempat mereka berada, tugas aktif vs non-aktif.

Sedangkan masa dinas Angkatan Darat dan Marinir Korea Selatan adalah 21 bulan, Angkatan Laut 23 bulan, dan Angkatan Udara 24 bulan.

2. Korea Utara

Korut juga menerapkan sistem wajib militer bagi warganya. Menurut laporan World Population Review, pemerintahan Pyongyang mewajibkan warganya yang berusia 17 tahun ikut Wamil. Bagi laki-laki masa wamil memakan waktu 10 tahun, dan perempuan 5 tahun.

3. China

Bendera China.

Photo :

China mewajibkan warganya mendaftar wajib militer, demikian dikutip Forces. Laki-laki yang berusia 18 hingga 22 tahun harus mendaftar wajib militer selama dua tahun.

Namun, sebagai negara terpadat di dunia, China memiliki cukup banyak sukarelawan dan tidak pernah harus bergantung pada wajib militer.

4. Thailand

Thailand juga menerapkan Wamil bagi yang berusia 21 tahun. Peserta dipilih secara acak.

5. Taiwan

Adapun masa wajib militer di Taiwan empat bulan bagi laki-laki yang berusia 18 hingga 36 tahun.

6. Singapura

Wamil di Singapura berlaku bagi laki-laki yang berusia 18-21 tahun. Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 tahun untuk.

7. Myanmar

Pemuda Myanmar Nekat Kabur Demi Hindari Wajib Militer Junta

Photo :
  • The Star

Myanmar adalah negara baru di Asia Tenggara yang mengharuskan warganya untuk ikut wajib militer. Pemerintah militer Myanmar akhir bulan lalu untuk pertama kalinya mengaktifkan undang-undang wajib militer yang telah berlaku selama satu dekade yang mewajibkan pria dan wanita muda untuk menjalani wajib militer setidaknya dua tahun jika dipanggil, dan akan segera berlaku.

Berdasarkan Undang-Undang Dinas Militer Rakyat tahun 2010, yang disahkan pada masa pemerintahan militer sebelumnya, laki-laki berusia 18 hingga 45 tahun dan perempuan berusia 18 hingga 35 tahun dapat wajib militer selama dua tahun, dan dapat diperpanjang hingga lima tahun selama keadaan darurat nasional

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya