Presiden dan PM Singapura Kirim Ucapan Selamat ke Prabowo sebagai Presiden Terpilih

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto menerima penganugerahan Darjah Utama Bakti Cemerlang yang disematkan langsung oleh Presiden Singapura, Tharman Sanmugaratnam.
Sumber :
  • Dok. Kementerian Pertahanan.

Jakarta Presiden Singapura, Tharman Shanmugaratnam dan Perdana Menteri (PM), Lee Hsien Loong mengucapkan selamat atas terpilihnya Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden Indonesia bulan lalu.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

"Atas nama rakyat Singapura, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang setulus-tulusnya atas terpilihnya Anda sebagai presiden kedelapan Republik Indonesia," kata Tharman dalam suratnya kepada Prabowo, dikutip dari Channel News Asia, Jumat, 22 Maret 2024.

Presiden ke 9 Singapura, Tharman Shanmugaratnam

Photo :
  • Gutzy Asia
Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Mandat kuat yang Anda terima menunjukkan keyakinan dan kepercayaan bangsa Indonesia terhadap kemampuan Anda memimpin Indonesia menuju kemajuan yang lebih besar," sambungnya.

Tharman menekankan bahwa Singapura dan Indonesia akan menjadi teman dekat, demi kepentingan kedua negara.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

"Saya yakin di bawah kepemimpinan Anda, Indonesia dan Singapura akan terus menjadi teman dekat dan mitra, seiring kita bekerja sama memperkuat hubungan bilateral untuk kemaslahatan rakyat kita," ujarnya.

Sementara itu, PM Lee, dalam suratnya juga mengirimkan selamat kepada presiden terpilih Prabowo, karena telah memenangkan mandat dari seluruh rakyat Indonesia.

"Singapura dan Indonesia menikmati hubungan yang baik dan bersahabat yang telah dikontribusikan secara signifikan untuk ditingkatkan oleh Prabowo selama kariernya."

Seperti diberitakan sebelumnya, pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi memenangkan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024. 

Hal itu disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat membacakan hasil Pemilu 2024 usai merampungkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional, Rabu, 20 Maret 2024. 

"Menetapkan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan berita acara nomor 218/PL.01.08.-BA/05/2024 dalam Pemilihan Umum Tahun 2024," kata Hasyim.

Ketua KPU RI Hasyim Asyari membacakan hasil Pemilu 2024

Photo :
  • KPU RI

Dari rekapitulasi hasil Pemilu 2024, Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara atau 58,83 persen. Kemudian disusul pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di posisi kedua.

Anies dan Muhaimin memperoleh 40.971.906 suara atau 25,05 persen. Terakhir, ada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan perolehan suara 27.040.878 atau 16,53 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya