Khadafi: Majulah ke Lini Depan, Bertempur

Warga Libya memegang senjata.
Sumber :
  • AP Photo/ Xinhua, Nasser Nouri

VIVAnews - Pemimpin Libya Muammar Khadafi menyerukan kepada para tentara pendukungnya untuk tetap maju menggempur para pemberontak. Pengorbanan mereka, ujar Khadafi, adalah demi kemerdekaan Libya dari tangan penjajah asing.

Seruan Khadafi tersebut disiarkan secara langsung melalui siaran televisi dan radio pada Senin pagi, 15 Agustus 2011. Pernyataan Khadafi ini menyusul kemenangan tentaranya dalam upaya mengambilalih beberapa kota besar dari tangan penentangnya.

"Kalian dapat mendengar suaraku walaupun di tengah suara tembakan. Penembakan akan segera berhenti, Pemberontakan akan segera berhenti, akhirnya adalah kekalahan NATO, akhirnya adalah musnahnya keledai-keledai di Semenanjung dan rakyat Libya akan tetap berjaya," kata Khadafi seperti dikutip dari laman CNN.

"Selalu maju ke lini depan, bertempur, dengan senjata ke medan perang untuk membebaskan Libya inci demi inci dari para pengkhianat dan NATO. Bersiaplah untuk bertempur demi membebaskan tanah air kita yang  murni dan suci," lanjut Khadafi lagi.

Pernyataan Khadafi dikeluarkan di tengah kekalahan pasukan pemberontak di beberapa kota besar Mesir. Juru bicara pemberontak di barat Mesir, Jumma Ibrahim, mengatakan pasukannya dipukul mundur oleh tentara Libya di kota al-Zawiya. Jumma mengatakan saat ini sebagian besar kota tersebut telah dikuasai oleh pasukan Libya.

Kendati demikian, Jumma mengatakan bentrokan bersenjata antara kedua pihak masih terus terjadi di beberapa sudut kota. Meskipun tidak luas, pasukan pemberontak masih menguasai beberapa pemukiman di Zawiya.

Pernyataan ini dibantah oleh pemerintah Libya. Juru bicara pemerintah Libya Musa Ibrahim pada Minggu, 14 Agustus 2011, mengatakan justru tentara pemerintah melindungi kota dari serangan pemberontak di kota tersebut.

Indonesia, UAE Sign Agreement to Use Local Currency Transaction

"Ada serangan kemarin di Zawiya dari selatan, tapi berhasil kami hentikan. Hari ini juga, beberapa jam lalu, ada serangan di Zawiya. Namun berkat rakyat Zawiya dan para sukarelawan yang membantu militer Libya dengan gagah berani, serangan dapat dilawan," kata Musa. (umi)

Gofar Hilman gandeng Cupi Cupita di nikahan Rizky Febian dan Mahalini

Gofar Hilman Gandeng Cupi Cupita di Nikahan Rizky Febian dan Mahalini, Netizen: Kapan Nyusul?

Momen Gofar Hilman gandeng Cupi Cupita saat kondangan ke nikahan Rizky Febian dan Mahalini menjadi sorotan. Banyak yang bertanya kapan Gofar akan menikahi Cupi Cupita

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024