Presiden Chile akan Kunjungi Indonesia, Genjot Perdagangan

Presiden Chile, Michelle Bachelet.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Presiden Chile, Michelle Bachelet, akan melakukan kunjungan kenegaraannya ke Indonesia. Dia  akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada hari Jumat, 12 Mei 2017, di Istana Merdeka Jakarta.

RI Mengaktifkan Kembali Perundingan Indonesia-Chile CEPA

Di Indonesia, Presiden Bachelet akan melakukan rangkaian kegiatan diantaranya melakukan pertemuan bilateral, menghadiri seminar Kamar Dagang Indonesia dan Chile, serta mengunjungi Sekretariat ASEAN di Jakarta Selatan.

"Beberapa isu yang akan dibahas terkait kerja sama ekonomi. Bagaimana upaya kita untuk meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara, termasuk di bidang kelautan dan perikanan, dan dalam konteks kerja sama peningkatan sosial budaya," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, di Jakarta Pusat, Rabu 10 Mei 2017.

Kebakaran Hebat Landa Chile, 100 Rumah Dilalap Si Jago Merah

Salah satu itu yang akan menjadi perhatian Presiden Chile dan Indonesia adalah dalam konteks peningkatan investasi dan kerja sama perdagangan bilateral. Indonesia dan Chili juga memiliki hubungan perdagangan ekspor-impor yang relatif baik.

"Pada tahun 2016, perdagangan antara Indonesia-Chile mencapai USD 227,2 juta (sekitar Rp3 triliun). Saat ini ada sekitar 170 orang WNI di Chile dan jumlah wisatawan Chile ke Indonesia tahun 2016 mencapai 8360 orang," ujar Arrmanatha.

Presiden Chile Marah Menterinya Dihadiahi Boneka Seks

Dalam konteks perdagangan, ekspor utama Indonesia ke Chile antara lain footwear, machinery, pakaian, karet dan kertas. Sedangkan beberapa impor utama Indonesia dari Chile antara lain produk glass and glass wear, aluminium, berbagai macam makanan, dan kulit citrus. (ren)

Petahana Sebastián Piñera kembai terpilih menjadi Presiden Chile

Sebastian Pinera Terpilih Jadi Presiden Chile

Dia merupakan mantan Presiden Chile empat tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2017