Lari ke Hutan Tenjo, Napi Cai Changpan Sempat Solat di Rumah Warga

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan warga untuk mengejar narapidana asal China bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan yang kabur ke Hutan Tenjo, Bogor.

Brigadir Ridhal Ali Diduga Setor ke Kapolres, Madinah Diterjang Banjir Bandang

Menurut dia, kemarin ada warga yang dimintai keterangan bahwa tidak mungkin napi Cai bertahan di dalam hutan kalau tak mencari makan. Nah, informasinya memang Cai sempat keluar membeli makan disitu.

“Memang dia sempat keluar di salah satu desa dekat situ untuk membeli makanan. Nah, kemudian dia masuk ke dalam lagi,” kata Yusri di Mapolda Metro Jaya pada Sabtu, 3 Oktober 2020.

Indonesian Embassy in Beijing Exposes Bride Scam in China

Baca juga: Puspom TNI: Suherman Winata Pakai Mobil Kolonel Purnawirawan

Selain itu, Yusri mengatakan Cai juga sempat menunaikan ibadah salat di sebuah rumah pondokan milik warga di dalam hutan. Menurutnya, istri Cai adalah warga negara Indonesia dan Cai sudah memeluk agama Islam.

Jalan di Guangdong China Ambles 18 Meter, Puluhan Mobil Terperosok 24 Tewas

“Iya WNI asli dari Tenjo sana, dan Cai sudah mualaf. Bahkan masuk di dalam hutan itu ada kayak rumah-rumah pondokan buat salat, sempat dia disitu melakukan salat dan ada beberapa barang tertinggal di situ,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Hukum dan HAM membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi terkait dengan kaburnya seorang narapidana asal China dari Lapas Klas I Tangerang. Humas Ditjen Pemasyarakatan, Rika Aprianti, mengatakan hingga kini pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut. Pun, Polda Metro Jaya juga sudah membentuk tim guna menangkap Cai Changpan.

"Kami bentuk tim bersama-sama untuk mengejar yang bersangkutan. Tapi, saya tidak bisa melihatkan seperti apa teknis yang dilakukan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Senin 21 September 2020.

Tim sudah mulai memburu napi yang kabur tersebut. Tim gabungan terdiri dari anggota Polda Metro Jaya, Ditlantas, Polres Tangerang hingga Lapas Tangerang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya