Bermodus Jual STB, 3 Wanita Hipnotis Seorang Nenek, Curi Perhiasan dan Emas Senilai Rp 10 Juta

Tangkapan layar cctv para pelaku pencurian dengan cara menghipnotis seorang nenek di Cengkareng.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito.

VIVA Metro – Tiga orang wanita bersekongkol melakukan hipnotis terhadap wanita tua, R (63), di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat. Para pelaku bermodus menjual set top box (STB) dan masuk ke dalam Kampung Pedongkelan Depan, Cengkareng Timur dan melakukan aksinya pada Selasa 8 November 2022.

Detik-detik Pembunuh Keluar Hotel Bawa Jasad Wanita dalam Koper yang Ditemukan di Cikarang

Ciri-ciri para pelaku berhasil terekam CCTV. Anak dari korban, RL (45), mengatakan para pelaku menawarkan STB kepada ibunya dan memintai jaminan.

"Awalnya ibu saya ini ditawari pas di RT, lalu dibawa ke rumah. Penawaran tetangga dicatat nama yang mau kredit STB tarif Rp 2.000 per hari selama 10 bulan tanpa DP," ujar RL dikonfirmasi, Jumat 11 November 2022.

Pemuda Babak Belur Dihajar Massa Usai Kedapatan Curi Motor saat Nobar Timnas U-23

ilustrasi penipuan hipnotis.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andry Arifin

Para pelaku selanjutnya meminta jaminan cincin dan uang Rp 800.000. "Katanya buat jaminan biar bosnya yang bawa STB itu percaya," ujarnya.

Harga Emas Hari Ini 30 April 2024: Global dan Antam Stabil Tinggi

RL mengaku saat kejadian juga dirinya berada di ruang tamu rumahnya tempat ibunya dan para pelaku bertemu dan berbicara. Salah seorang pelaku, kata RL, sempat berupaya mengalihkan perhatiannya dengan dibuatkan makanan.

RL katakan, ibunya sempat ditepuk bagian punggungnya saat kondisi sendirian itu.

"Ibu katanya mau ngambil wudu, ditepuk pungungnya. Pelaku minta kopi lima gelas. Dibikinin, tapi sudah enggak sadar," ujarnya.

Selanjutnya setelah berhasil pemperdaya korban, para pelaku kemudian pergi dengan dalih mengambil STB. Beberapa saat kemudian korban baru tersadar adanya barang berharga yang dibawa para pelaku.

"Gelang 10 gram, cincin yang satu 3 gram, yang satu 1,5 gram. Total 14,5 gram. Nominal harga lama sekitar Rp 9 jutaan plus duit tunai. Total sekitar Rp 10 jutaan," ujarnya.

Selanjutnya korban pun melaporkan ke pihak berwajib.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya