Resmi Ditahan, Si Kembar Rihana-Rihani Disoraki Korbannya yang Datang ke Kantor Polisi

Si kembar Rihana-Rihani.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

Jakarta --  Si kembar Rihana-Rihani resmi memakai baju tahanan Polda Metro Jaya. Dalam ekspose kasus penipuan reseller iPhone itu, keduanya nampak mengenakan baju berwarna oranye.

Bakal Turun Tangan Tertibkan Jukir Liar di Jakarta, Kombes Latif: Kalau Maksa Itu Pidana

Kakak-beradik tersebut mulai hari ini resmi ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya. Hal itu diungkapkan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi. "Mulai hari ini resmi ditahan," ujar dia kepada wartawan, Selasa 4 Juli 2023.

Adapun Rihana-Rihani disoraki korban-korbannya yang datang ke Mapolda Metro Jaya hari ini. Keduanya disoraki saat dihadirkan dalam ekspose kasus. Total ada enam orang yang mendatangi Mapolda Metro Jaya. Empat orang di antaranya merupakan teman-teman dekat si kembar.

Kasus Konten Bohong dr Richard Lee: Hotman Paris Ungkap Fakta Mencengangkan!

Rihana-Rihani Ditangkap Polisis Kasus Penipuan Iphone

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Salah seorang korban, Masayu meminta keduanya mengembalikan uang Rp2,5 miliar yang sudah diberikan. Total sebanyak 299 unit iPhone yang belum diberikan kepadanya. Masayu mengaku, dirinya juga ditagih orang yang membeli iPhone kepadanya. Dia pun mengatakan juga diancam bakal dipolisikan kalau tidak mengembalikan uang yang ditilap si kembar kepada para pembeli.

Pria Ini Curi Puluhan Mobil Jeep, Kerugian Capai Rp16 Miliar

"Aku sekitar 600 unit itu yang berhasil keluar, yang nggak keluar 299 unit. Sementara yang di bawahnya (pembeli) nagih, saya harus nagih ke siapa kalau nggak ke Rihana Rihani. Harapan kami uang kami bisa dikembalikan. Karena sejujurnya di bawah kami banyak yang menantikan kembali," ujar Masayu.

Sebelumnya diberitakan, polisi akhirnya mencokok si kembar tersangka penipuan reseller iphone, Rihana-Rihani. Hal itu diungkapkan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi.

"Rihana dan Rihani baru saja ditangkap," ujar dia kepada wartawan, Selasa 4 Juli 2023.

Adapun penangkapan dilakukan di M Town Residence Gading Serpong oleh tim Resmob Polda Metro Jaya. Meski begitu, dia belum merinci terkait kronologi penangkapan tersebut. Dia menyebutkan, mereka dalam perjalanan menuju ke Polda Metro Jaya. Keduanya bakal diperiksa secara intensif oleh.

Untuk diketahui, seorang reseller mengklaim ditipu jual beli iPhone oleh pelaku yang dikenal dengan sebutan si kembar berinisal R dan R. Dia merugi mencapai Rp35 miliar.

Salah seorang korban yang bernama Vicky Fachreza mengaku rugi hingga Rp5,8 miliar. Dia menjadi reseller dengan membeli iPhone kepada si kembar. Pembayaran dilakukan dengan cara pre-order. Awalnya, transaksi berjalan lancar, tapi menginjak bulan November 2021 prosesnya mulai mandek. 

"Pesanan kami mulai bulan November 2021 sampai Maret 2022 dengan total keseluruhan mencapai Rp5,8 miliar tidak kunjung dikirimkan sampai saat ini. Begitu juga dengan korban lainnya, transaksi yang terjadi dalam kurun waktu antara Oktober 2021 sampai dengan Maret 2022, dengan taksiran total kerugian korban mencapai Rp35 miliar," ucap dia kepada wartawan, Senin 5 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya