Polisi Tangkap Kembali 4 Tahanan yang Kabur dari Polsek Tallo, 1 Orang Masih Diburu

Kasi Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando KS
Sumber :
  • Supriadi Maud

Makassar – Polisi akhirnya berhasil mengamankan empat dari lima orang tahanan yang kabur dari Polsek Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Kasi Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando KS mengatakan, pihaknya berhasil meringkus 4 orang tersangka dan masih memburu satu orang lagi.

"Sudah ada 4 yang diamankan, sisa satu lagi yang masih kabur," ujar Kompol Lando, di Mapolrestabes Makassar, Sabtu 22 Juli 2023.

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

Kompol Lando meminta kepada satu pelaku yang masih kabur untuk segera menyerahkan diri. Selain itu, dia juga mengimbau kepada keluarga pelaku untuk membantu memberikan informasi terkait keberadaan pelaku. 

"Kita berharap pelaku menyerahkan diri. Karena segala macam cara akan kami lakukan untuk mengembalikan tahanan yang kabur," tegasnya.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Ilustrasi antisipasi tahanan kabur

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irfan Anshori

"Kami meminta kepada keluarga tahanan yang masih kabur bisa mengkonfirmasikan kepada kita terkait keberadaan pelaku," sambungnya.

Lando menambahkan, bahwa dari kasus kaburnya lima tahanan di Polsek Tallob ini membuat sejumlah saksi diperiksa. Termasuk 12 polisi yang bertugas di Polsek Tallo.

"Kalau pemeriksaan sudah ada belasan diperiksa. Termasuk 12 orang anggota polisi. Nanti kita beberkan hasilnya," terang Lando.

Sebelumnya telah diberitakan, Kepolisian Sektor (Polsek) Tallo di Kota Makassar kecolongan lantaran lima orang tahanannya kabur. Informasi yang diperoleh, kelima tahanan itu disebut lolos melarikan diri dari dengan cara merusak teralis besi ruang tahanan.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan, sampai saat ini pihak kepolisian baru menangkap satu orang dari 5 orang yang kabur. Bukan 3 tahanan yang kabur tetapi 5 orang.

"Ada 5 tahanan yang kabur. Kemudian salah satu dari mereka sudah kami amankan dan sudah kembali ke tahanan. Jadi sisa empat orang yang dikejar," ujar Kombes Ngajib saat dimintai konfirmasi, Kamis 20 Juli 2023 lalu.

Ngajib menjelaskan, peristiwa kaburnya lima orang tahanan itu terjadi pada pukul 03.30 Wita hari Selasa 18 Juli 2023.  Mereka kabur dengan cara memotong besi jendela ruang tahanan Polsek Tallo.

"Mereka kabur dini hari kemarin sekitwr 03.30. Dari hasil pemeriksaan mereka memotong besi jendela bagian belakang Polsek ," tuturnya.

Ngajib menyebut, dari hasil pemeriksaan sementara, kuat dugaan para tahanan itu dibantu oleh pekerja harian lepas (PHL) yang kerap bersih-bersih di Mapolsek. Selain itu, Ngajib juga mengatakan jika adanya keterlibatan anggota Polisi yang berjaga saat kejadian.

"Sudah ada beberapa orang yang diperiksa pasca kejadian. Mereka berjumlah 16 orang yang diperiksa, ada 12 anggota kami, kemudian juga ada tahanan dan juga ada dua orang yang membersihkan kantor," kata Ngajib.

Lebih lanjut, Ngajib membantah terkait keterangan Kapolsek AKP Ismail yang menyebut bahwa para tahanan itu kabur saat disuruh membersihkan kantor. Sebab, menurut Ngajib, para tahanan itu kabur dari ruang tahanan dengan cara merusak besi jendela.

"Bukan bersih-bersih. Karena dari hasil pemeriksaan, tahanan yang melarikan diri ini dia kabur dengan cara memotong besi jendela di belakang ada dua besi dipotong kemudian dia lompat melalui jendela itu," sebut Ngajib.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya