Cerita Ipda Subandi Bikin Keok Kawanan Begal Sadis Bergolok di Kota Bogor

Anggota Polisi Lalu Lintas Polresta Bogor Kota Ipda Subandi
Sumber :
  • Muhammad AR (Bogor)

Bogor - Aksi heroik Inspektur Polisi Dua (Ipda) Subandi yang jabat Kasubnit Gakkum Satlantas Polresta Bogor Kota menggagalkan komplotan begal mobil tengah jadi perhatian. Berkat kemampuan bela diri, Ipda Subandi berhasil membuat kawanan begal bersenjata tajam keok karena kalah duel.

Polisi Gagalkan Penyeludupan Sabu 1,9 Kilogram di Bandara Kualanamu

Subandi menceritakan duel mencekam tiga lawan satu itu. Ia menuturkan dirinya saat itu baru selesai patroli setelah razia knalpot brong di salah satu ruas jalan di Bogor. 

Namun, ketika itu, ada warga yang minta pertolongannya karena ada pengendara roda empat yang diserang kawanan begal. Subandi pun langsung bergegas menghampiri lokasi tersebut.

3 Polisi AS Tewas Saat Baku Tembak dengan Penjahat di North Carolina

Setibanya di lokasi, Subandi melihat sebuah mobil minibus Avanza, yang kondisi kaca belakang sudah pecah. Lalu, pengendara yang juga korban dalam kondisi bercucuran darah. Salah satu pelaku memegang kunci mobil milik korban.

Subandi saat itu, sempat melakukan upaya persuasif dengan menyebut dirinya polisi. Namun, hal itu tak membuat nyali kawanan begal sungkan dan menciut. Sebaliknya, salah seorang dari mereka yang bawa senjata tajam langsung menyerang Subandi tanpa basa basi.

KKB Serang Polsek Homeyo, Seorang Warga Sipil Tewas Tertembak

"Saya beranikan diri. Saya hampiri saya bilang polisi. Tapi mereka tidak menghiraukan. Lalu saya diserang, dia menyerang tapi saya ada tekniknya (menghindar) dari senjata yang mereka pegang. Saya piting dan pukul dia senjatanya jatuh," kata Subandi saat diwawancara VIVA, Senin, 15 Januari 2024.

Anggota Polisi Lalu Lintas Polresta Bogor Kota, Ipda Subandi duel kalahkan begal mobil

Photo :
  • Muhammad AR (Bogor)

Aksi Subandi yang berhasil berulang kali hindari serangan pun membuat dua rekan begal lain panik. Mereka berdua langsung melarikan diri. "Dua pelaku lain melarikan diri mengunakan motor," katanya.

Subandi ngaku bersyukur kondisinya selamat setelah berhasil menghindar dari sabetan senjata tajam. "Alhamdulillah masih dikasih selamat oleh Allah. Kalau enggak ngehindar mungkin kena juga sabetan goloknya," ujar Subandi.

Sebelumnya, aksi Ipda Subandi berhasil gagalkan komplotan perampasan mobil yang dilakukan kawanan begal bersenjata tajam di Jalan Sholeh Iskandar, Kota Bogor, Minggu dini hari, 14 Januari 2024. Para bandit jalanan itu kocar kacir karena kalah berduel dengan perwira polisi tersebut.

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria menjelaskan, kejadian mencekam itu terjadi sekitar pukul 01.15 WIB. Menurut dia, saat itu, anggotanya selesai lakukan razia knalpot brong di Jalan Kolonel Ahmad Syam. Setelah itu, jajaran anggotanya melanjutkan patroli ke Jalan Sholeh Iskandar.

"Jadi, saat berada di belakang Bogor Valley dan mampir ke salah satu kedai Kopi di sana ada masyarakat yang melaporkan adanya keributan segera mengarah ke lokasi," katanya.

Lalu, begitu sampai di depan hotel Bogor Valley, Subandi melihat korban sudah bercucuran darah di pelipis kanan mata. Satu dari tiga pelaku memegang sajam dan mengarahkan serangan ke Subandi. Duel pun terjadi.

"Tersangka sempat mengacungkan sajam ke petugas, melawan, sempat terjadi duel, dengan sigap Personel Sat Lantas berhasil melumpuhkan orang tersebut," katanya.

Pelaku langsung dibawa ke unit Jatras Reskrim dan korban ditanhani di RS Bhayangkara Polresta Bogor Kota. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya