PDIP Bekasi Laporkan Akun Facebook Diduga Fitnah Megawati

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA – Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Bekasi, Soleman melaporkan seorang pemilik akun Facebook. Hal itu lantaran unggahan orang tersebut dinilai bermuatan fitnah dan pencemaran nama baik terhadap Megawati Soekarnoputri. 

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Selain pengurus PDIP, Soleman juga merupakan anggota dari DPRD Kabupaten Bekasi. Laporan kepolisian tersebut diterima dengan nomor: LP/2049/IV/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 13 April 2018.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, salah satu akun yang dilaporkan tersebut diduga telah menyebarkan fitnah tentang penutupan pesantren di Indonesia.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

"(Laporan) diterima. Di media sosial Facebook telah beredar tulisan PDIP usul ke pemerintah agar pesantren ditutup seluruh Indonesia," ujar Argo ketika dikonfirmasi, Sabtu, 14 April 2018.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, laporan tersebut terkait dengan unggahan akun Facebook berinisial AER. Dalam unggahan tersebut AER menulis "PDIP usul ke pemerintah agar pesantren ditutup seluruh Indonesia. Megawati Soekarnoputri usul ke pemerintah supaya semua pesantren ditutup". 

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Unggahan tersebut diunggah ulang oleh sebuah akun berinisial DS. Diduga, DS salah satu kepala desa di Kabupaten Bekasi. 

Berdasarkan keterangan Soleman, menurut Argo, tulisan yang diunggah tersebut juga disertakan dengan foto Megawati. Dalam keterangannya, Argo menambahkan, Soleman juga membantah tuduhan tersebut dan menyatakan hal itu tidak benar. 

Argo menyebutkan, polisi masih melakukan penyelidikan terhadap terlapornya. Adapun pasal yang disangkakan dalam laporan ini, yakni Pasal 311, 310 KUHP dan atau Pasal 27 ayat 3 dan atau Pasal 28 ayat 3 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya