Mortir Raksasa Masih Aktif Ditemukan Terbungkus Karung di Depok

Mortir raksasa di temukan di Depok
Sumber :
  • VIVA / Zahrul Darmawan ( Depok)

VIVA – Warga Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Depok, Jawa Barat digegerkan dengan temuan sebuah mortir aktif sepanjang 30 senti meter, Sabtu 1 Desember 2018. Benda berbahaya itu ditemukan terbungkus dalam karung. 

Mortir Aktif Ditemukan di Kalideres, Jenis Fragmen M57 Buatan Yugoslavia

Kasubag Humas Polresta Depok, Ajun Komisaris Polisi Firdaus mengungkapkan, mortir berdiameter sekira tujuh senti meter itu ditemukan kali pertama oleh Nur Holis, pengepul barang bekas di Jalan Raya Curug.

"Jadi awalnya saksi ini menerima karung dari orang tak dikenal. Saksi tidak menaruh curiga, dan langsung memerintahkan anak buahnya untuk diletakkan di rongsokan," kata Firdaus pada wartawan. 

Rheinmetall akan Kirim Lebih dari 100.000 Peluru Mortir ke Spanyol

Selang beberapa jam kemudian, setelah dibuka ternyata karung tersebut berisi mortir. "Oleh saksi temuan itu kemudian dilaporkan ke petugas," kata Firdaus. 

Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, Polresta Depok kemudian berkoordinasi dengan Tim Gegana (penjinak bom) Brimob Kelapa Dua Depok.

Polisi Amankan 7 orang Terkait Ledakan Mortir di Bangkalan

"Saat ini barang bukti telah berhasil diamankan. Diduga ini (mortir) peninggalan zaman perang. Guna penyelidikan lebih lanjut mortir dibawa Tim Gegana." ucap dia.

Petugas saat mengamankan mortir. (Humas Polres Batu)

9 Mortir Diduga Sisa Perang Dunia ke II Ditemukan Warga di Perbukitan Malang

Tim Gegana telah mengevakuasi mortir yang diduga masih aktif tersebut.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024