Sungai Cisadane Meluap Tengah Malam, Warga Panunggangan Barat Panik

Banjir di Panunggangan Barat, Cibodas, Tangerang, Jumat, 26 April 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Air Sungai Cisadane yang meluap ke perkampungan di wilayah Panunggangan Barat, Cibodas, Tangerang, membuat warga panik untuk menyelamatkan diri dan barang-barang miliknya. 

Logistik Bantuan Korban Banjir Ada Kutu Beras, BPBD Tangerang Minta Maaf

Seorang warga, Yuningsih (19), mengatakan banjir datang ke kampungnya saat tengah malam. Dia bersama anaknya yang sedang tertidur, panik menyelamatkan diri.

"Lagi pada tidur tadi, panik enggak kepikiran bawa barang-barang. Langsung pada lari warga ke kelurahan. Saya mah khawatir aja ke anak ini makanya buru-buru," katanya, Jumat, 26 April 2019.

Waduh! Truk Sedot WC Diduga Buang Tinja ke Sungai Cisadane, Sehari Lima Kali

Tak hanya Yuningsih, salah seorang warga lainnya, Syeikhatul, juga mengungkapkan keresahannya. Sebab, ia tak sempat menyelamatkan barang-barangnya. 

"Gimana mau nyelamatin barang-barang, itu tengah malam tadi air udah langsung deras ngalir dari kali (Cisadane) sana. Pas tadi malam malah airnya setinggi dada, panik semua orang apalagi hujan enggak turun deras," ujarnya. 

Nenek hingga Cucu Jadi Tersangka Perusakan Pipa Air Milik Perumda Tirta Pakuan

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang Irman Pujahendra menjelaskan, ada 9 titik banjir yang tersebar di sekitar wilayah tersebut. 

"Ada 9 titik banjir dengan 1.200 kepala keluarga tersebar di beberapa kelurahan Karawaci, Gang Bedeng, Panunggangan Barat dan Panunggangan Utara," katanya.

Hingga kini, menurut dia, volume air yang terpantau pasang surut. Dalam peristiwa ini, tidak ada kerugian bangunan. "Ketinggian air terpantau paling tinggi 170 cm tidak ada tanggul yang patah, cuma ada tanggul yang belum jadi," ujarnya. 

Dia melanjutkan, "Kami juga menurunkan, 10 unit perahu dan 6 petugas personel untuk membantu proses evakuasi. Kita pun, telah menyediakan dua posko untuk dapur umum dan posko kesehatan dari PMI." (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya