Hendak Kawal Sidang Putusan Pilpres, Belasan Remaja Diamankan Polisi

Pengamanan Jelang Putusan Mahkamah Konstitusi
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Sebanyak 11 remaja diamankan pihak Kepolisian Resor Metro Tangerang Kota, setelah diketahui hendak mengikuti aksi pengawalan sidang putusan sengketa hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Kesal Warung Kerap Merugi, Suami Tega Aniaya Istri hingga Tewas

Belasan anak tersebut diamankan di kawasan niaga terpadu, Jalan Daan Mogot, Porisjaya, Batuceper Tangerang. Saat diamankan, remaja yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama dan Pesantren ini mengenakan sarung dan peci, serta membawa bendera bertulisan 'Para Pecinta Habib'.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Abdul Karim mengatakan, mereka diamankan saat tengah berada di dalam truk kemarin, Rabu 26 Juni 2019.

Curah Hujan Tinggi, Jalan di Tangerang Amblas Sedalam 2,5 Meter

"Kita lakukan penyekatan dan saat kita lakukan pemeriksaan pada salah satu truk, kita dapati belasan anak ini, kemudian saat kita tanya, mereka menjawab hendak bertolak ke Jakarta untuk mengikuti aksi di Jakarta, terkait dengan putusan sidang MK," katanya, Kamis 27 Juni 2019.

Hingga saat ini, pihaknya masih mendalami siapa yang mengerahkan massa menuju Jakarta terutama, melibatkan anak di bawah umur.

Hujan Deras, Panggung Karnaval Tangerang Hampir Ambruk

"Kita masih cari yang melakukan pengerahan massa, terutama adanya keterlibatan anak di bawah umur," ujarnya.

Petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa bendera bertuliskan PPH (Para Pencinta Habib) PERUM, uang tunai sebesar Rp92 ribu, dan tiga unit telepon genggam.

Diketahui hingga saat ini, sidang putusan sengketa Pilpres masih terus berlangsung di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta. Sejumlah massa dari berbagai daerah pun sejak tadi pagi telah menggelar aksi di sekitar gedung MK yakni di kawasan Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya