Lebih Seribu Warga DKI Lolos Seleksi Rumah DP Nol Persen

Proyek pembangunan rumah DP Rp0 di Klapa Village, Jakarta Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI memberlakukan syarat untuk warga yang ingin mendapatkan program rumah subsidi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dikenal dengan nama "Samawa", atau Program DP 0 rupiah. Saat ini sudah, 1.790 orang yang lolos seleksi dan memenuhi syarat Pemprov DKI untuk mendapatkan hunian tersebut. 

Government to Revitalize Marunda Flats After the Roof Collapsed

Para pembeli yang sudah lolos seleksi diundang untuk melengkapi berkas permohonan pengajuan kredit dan dapat memilih unit di Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

"Sesuai dengan peraturan Gubernur 104/2018, program Samawa rumah DP 0 rupiah ditargetkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah, warga DKI Jakarta yang memenuhi syarat sehingga program ini menerapkan proses seleksi calon penghuni untuk memastikan kesesuaian syarat yang ditetapkan sehingga tepat sasaran," ucap Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kelik Indriyanto, di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Juli 2019.

Atap Ambruk, Pemprov DKI Ungkap Rusun Marunda Blok C Sudah Tak Layak Huni

Selain itu, Kelik juga mengatakan bahwa program Samawa ini adalah fasilitas pembiayaan oleh Pemprov DKI untuk mengatasi masalah kepemilikan rumah. 

Dengan melalui program ini, Pemprov DKI menyediakan fasilitas pembiayaan kepemilikan dengan skema DP 0 rupiah. Dengan kebutuhan skema kepemilikan ringan untuk warga DKI agar mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Sudah Dapat Dihuni, Pemprov DKI Siapkan 52 Unit Rusunawa untuk Warga Kolong Tol Angke

"Sebanyak 1.790 orang yang lolos rumah DP 0 rupiah di Klapa Village, pemohon memiliki waktu 10 hari dari 27 Juli 2019 hingga 4 Agustus 2019. Untuk memilih unit yang diminati dan melakukan proses pengajuan permohonan kredit program DP 0 rupiah ke Bank DKI," tambahnya.

Diketahui, saat ini ada dua tipe utama dan lima sub tipe unit di Klapa Village yang dapat dipilih di lokasi Rusunami Klapa Village.

Korban Dampak Kebakaran TPA Rawa Kucing Bakal Dipindah ke Rusunawa, Tangerang

Warga Terdampak Kebakaran TPA Rawa Kucing Bakal Dipindah ke Rusunawa

Pemerintah Kota Tangerang menyiapkan lokasi Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Manis Jaya, bagi para korban yang terdampak kebakaran TPA Rawa Kucing.

img_title
VIVA.co.id
3 November 2023