Air Dipenuhi Cacing, PDAM Tirta Benteng Lakukan Pembersihan Bakteri

Sungai Cisadane kering saat musim kemarau, di Tangerang, Kamis, 15 Agustus 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng melakukan peningkatan pembersihan bakteri terhadap air minum yang diolahnya. 

Tak Dibelikan Ponsel, Pemuda Ini Nekat Panjat Tower PDAM Coba Bunuh Diri

Langkah itu dilakukan setelah ada keluhan pelanggan di Perumahan Buana Gardenia, Pinang, Tangerang terkait air yang dihasilkan mengandung banyak cacing.

"Kami melakukan beberapa langkah yakni, memberikan obat khusus untuk menghilangkan bahkan membunuh bakteri yang ada di olahan air milik kita. Obat itu kita pasang pada saluran pipa, filter dan penampungan air," kata Asisten Manajer Humas PDAM Tirta Benteng, Ichsan Sodikin, Kamis, 15 Agustus 2019.

Waduh! Truk Sedot WC Diduga Buang Tinja ke Sungai Cisadane, Sehari Lima Kali

Obat yang digunakan, menurut dia, tidak akan memiliki efek pada kualitas air, seperti berwarna atau berbau. Tidak hanya membasmi bakteri, pihaknya juga mengirimkan empat tangki air bersih kepada pelanggan yang berada di wilayah tersebut untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih.

"Memang dengan adanya cacing dari air olahan kita ini, kita imbau untuk sementara tidak menggunakannya dan kita bantu dengan pengiriman air bersih," ujarnya.

Pria di Bangkalan Gerebek Istrinya Ngamar Bareng Selingkuhan di Hotel: Habis Kesabaran!

Perusahaan milik daerah ini juga memohon maaf adanya gangguan layanan. Perusahaan memastikan air PDAM akan secepatnya kembali pulih serta tidak ada cacing.

"Kita mohon maaf atas adanya cacing itu, kami juga akan jelaskan, cacing itu timbul karena kualitas air Sungai Cisadane menurun akibat musim kemarau. Yang mana, sudah di level kuning tinggi airnya atau dengan ketinggian 2,5 meter," ujarnya. 

Dia menambahkan, "Adanya hal ini memang kualitas air olahan kita menurun. Namun, semaksimal mungkin akan kita berikan layanan terbaik agar, air tetap bisa digunakan".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya