Usai Diguyur Hujan, Sungai Cisadane Dipenuhi Sampah dari Bogor

Sungai Cisadane Dipenuhi Sampah dari Bogor
Sumber :
  • VIVAnews/Sherly

VIVA – Penampakan tidak sedap menghiasi aliran Sungai Cisadane, Tangerang. Betapa tidak, sepanjang aliran sungai banyak sampah yang menumpuk setelah terbawa arus sungai usai hujan, yang mengguyur wilayah Tangerang dan sekitarnya kemarin.

Bey Machmudin Minta Kabupaten Kota Akselerasi TPS3R

Diketahui, sampah tersebut berasal dari bagian hulu sungai yang merupakan daerah Bogor, Jawa Barat. Sampah-sampah tersebut didominasi oleh limbah rumah tangga dan ranting-ranting pohon.

"Semalam itu hujan, tapi sampah-sampah ini belum ada. Cuma, pas tadi siang, baru sampah-sampah ini datang. Ngalir aja gitu, dibawa arus sungai. Dan biasanya gak sebanyak ini. Kalau kita lihat sekarang, kayak sungai sampah, karena airnya sudah tertutup sama tumpukan sampah," kata Jaya, salah seorang warga yang tinggal di dekat bantaran Sungai Cisadane, Kamis, 29 Agustus 2019.

Heru Budi Mau Contoh Singapura dan Jepang agar Jakarta Punya TPA Lumpur

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Tangerang telah mengetahui adanya kiriman sampah dari hulu sungai tersebut. Saat ini, jajarannya telah menerjunkan petugas untuk melakukan pembersihan Sungai Cisadane.

"Kita sudah dapatkan laporannya, dan memang sampah itu menghiasi Sungai Cisadane mulai dari Cikokol hingga Karawaci, Tangerang. Saat ini petugas dan alat berat sudah kami terjunkan untuk segera membersihkannya agar sampah itu tidak makin meluas aliran sampahnya. Kita perkirakan sampah yang dikirim dari hulu sungai itu sebanyak 180 kubik," ujar Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Kota Tangerang, Agus, saat dikonfirmasi.

Groundbreaking RDF Plant, Heru Budi: Ini Akan Jadi Salah Satu Pengolahan Sampah Terbesar di Dunia

Tidak hanya itu, pemasangan jaring sampah juga dilakukan untuk menahan aliran sampah. Kemudian nantinya, sampah akan dikeruk menggunakan alat berat dan dipindahkan ke truk sampah, yang selanjutnya dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Tangerang.

"Ada dua alat berat dan 60 petugas kebersihan yang sudah kita sebar di titik-titik tersebut. Dan kita perkirakan besok selesai," katanya.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Heru Budi Mau Buat Pulau untuk Buang dan Mengolah Sampah

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Jakarta tak lagi memiliki lahan untuk dijadikan ssbagai lokasi pembuangan sampah.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024