Sidak ke Samsat Bekasi, Ombudsman Petakan Potensi Mal Administrasi

Ombudsman sidak ke Samsat Kota Bekasi, Kamis, 5 September 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/ Dani (Bekasi)

VIVA – Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Satuan Manunggal Satu Atap (Samsat) di Jalan Ir H Juanda, Bekasi Timur, Kamis, 5 Agustus 2019. Sidak itu dilakukan untuk meninjau layanan di kantor tersebut.

2 Bocah Main Petasan yang Memicu Kebakaran Gedung Serbaguna di Bekasi Ditangkap

“Upaya perubahan di Samsat Kota Bekasi sangat kami dukung guna memberikan pelayanan prima kepada wajib pajak yang bebas dari pungli dan mal administrasi," kata Ketua Ombudsman perwakilan Jakarta Raya Teguh Nugroho di Bekasi.

Sidak ini, kata dia, untuk observasi guna melakukan pemetaan terhadap potensi mal administrasi pelayanan masyarakat. “Kami lihat perubahannya sangat signifikan, semoga masyarakat merasa puas menikmati pelayanan," ujarnya.

Ibu Kandung Tusuk Anaknya 20 Kali, Benturkan Kepala ke Dinding Tahanan

Teguh berharap, pelayanan publik di Samsat Kota Bekasi dapat terus ditingkatkan dan selalu memberikan kemudahan bagi masyarakat. “Tingkatkan pelayanan dan pengawasan internal sehingga tercipta zona integritas," katanya.

Sementara itu, Kanit Samsat Kota Bekasi Ajun Komisaris Polisi Danny Rimawan mengaku, tidak ada masalah dalam sidak tersebut. Apalagi, kedatangan Ombudsman terkesan mendadak.

Ini Tampang Emak-Emak Pemilik Salon Oma Bekasi yang Jual ABG jadi PSK di MiChat

“Kita tidak tahu jika tim (Ombudsman) akan datang. Meski demikian kami tetap menerapkan standardisasi pelayanan publik Polri, dari pintu gerbang telah disediakan kanopi, papan penunjuk area parkir, denah lokasi pelayanan, papan akrilik dan imbauan pelayanan bebas calo. Intinya secara teknis sudah kita lakukan pembenahan," ujarnya.

Menurut dia, inspeksi yang dilakukan pihak Ombudsman tak hanya di luar gedung Samsat Kota Bekasi. Sekitar dalam gedung juga ikut disisir serta tak lupa berinteraksi dengan masyarakat atau wajib pajak. “Dalam gedung kita turut memasang persyaratan mekanisme dalam bentuk one way pada tempat pengambilan formulir, loket progresif, panduan dan loket layanan," ujarnya.

Ilustrasi balap liar.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Viral di media sosial, aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, atau tepatnya di depan Stadion Patriot Candrabhaga.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024