Ada Jalan Berbayar di Margonda, Pemkot Depok Kaget

Kendaraan melintas di kawasan Jalan Raya Margonda, Depok, Jawa Barat.
Sumber :
  • Zahrul Darmawan

VIVA – Jalan berbayar atau ERP (Electronic Road Pricing) yang akan diberlakukan di daerah perbatasan ibu kota Jakarta pada 2020. Salah satunya adalah Jalan Margonda di Depok, Jawa Barat. Wacana itu dilakukan pemerintah untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi setiap hari di jalan-jalan menuju ke Ibu Kota Jakarta.

Pelempar Batu di Jalan Margonda Depok Diamankan Polisi, Diduga Gangguan Jiwa

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana, mengaku belum mengetahui wacana pemberlakuan jalan berbayar ini. Menurutnya, belum ada pembahasan dari rencana penerapan jalan berbayar tersebut.

“ERP baru tahap kajian BPTJ, belum ada pembicaraan dengan Depok terkait implementasi tahun 2020,” katanya, Jumat 15 November 2019

Marak Pelemparan Batu di Margonda Depok, Korban Alami Luka di Wajah

Menurut Dadang, Pemerintah Kota Depok sudah sempat melakukan pembahasan terkait penataan jalan dengan Kepala BPTJ, Bambang Prihartono pada Rabu 13 November 2019. Namun, dalam pertemuan itu tidak membahas penerapan ERP di Jalan Margonda.

“Rabu kemarin saya bertemu Kepala BPTJ untuk bahas LRT Cibubur-Baranangsiang dan tidak ada pembicaraan hal tersebut (ERP),” ujarnya.

Marak Parkir Liar di Margonda, Pemkot Depok Bakal Sediakan Kantong Parkir

Lebih lanjut Dadang mengatakan, setiap kebijakan tentunya harus melibatkan para pihak, terlebih soal teknis penerapannya. “Kami saat ini sedang fokus dulu untuk membenahi transportasi publik dan infrastruktur pendukung,” ujarnya.

Seperti disampaikan Kepala BPJT, Bambang Prihartono, selain di Margonda, penerapan jalan berbayar juga akan ada di Daan Mogot, Tengerang dan Kalimalang, Bekasi. Penyusunan peta jalan sudah dilakukan, bersamaan dengan kajian aturan hukum untuk pemberlakuan ERP yang masuk dalam kategori Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Tugu Depok

Tugu Selamat Datang Depok dengan Anggaran Rp1,7 M Tuai Kritikan Netizen

Pengerjaan tugu tersebut telah mencapai 70 persen dengan tahap pekerjaan berupa finishing struktur baja dan struktur beton bawah berupa pekerjaan kolom, balok, dan pelat.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023