Saluran Gas Alam di Depok Bocor, Waspadai Efek yang Ditimbulkan

Pipa gas alam bocor di Depok.
Sumber :
  • Zahrul Darmawan/VIVAnews.

VIVA – Sejumlah pengendara dan warga di kawasan sekitaran Margonda Depok, Jawa Barat, sore ini dihebohkan dengan aroma menyengat yang diduga berasal dari kebocoran gas alam.

Tugu Selamat Datang Depok dengan Anggaran Rp1,7 M Tuai Kritikan Netizen

Peristiwa itu pun mendadak viral di jagat media sosial karena dikabarkan tercium hingga ke sejumlah wilayah pada Jumat 10 Januari 2020. Menindaklanjuti keluhan itu, sejumlah aparat kepolisian dari Polsek Beji akhirnya turun tangan.

Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Azis Andriansyah menuturkan, berdasarkan keterangan saksi, aroma menyengat itu tercium sejak sekira Pukul 15.00 WIB.

Pelempar Batu di Jalan Margonda Depok Diamankan Polisi, Diduga Gangguan Jiwa

“Awalnya petugas mendapat laporan dari warga bahwa ada yang mencium bau gas, selanjutnya petugas dari Jargas (Jabar Energy) Bekasi dan Depok mengecek matrik gas alam di wilayah Beji Timur,” katanya pada wartawan.

Dari hasil pemeriksaan dan olah tempat kejadian perkara ditemukan, sumber bau gas itu diduga berasal dari adanya kebocoran pada alat pengatur gas alam di Jalan Pembangunan Pipa Gas, Rt 01/03 Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji, Depok.

Marak Pelemparan Batu di Margonda Depok, Korban Alami Luka di Wajah

“Jadi valve atau keran atau odoran cairan pembau gas bocor,” tuturnya.

Menurut keterangan petugas Jargas, cairan odoran bermanfaat untuk tanda bahwa adanya kebocoran. 

“Selanjutnya petugas memperbaiki keran tersebut sekira lima menit. Keterangan petugas menerangkan untuk bau odoran akan membias sesuai arah angin dan bau tersebut akan bertahan sekira 24 jam,” terangnya.

Adapun dampak yang ditimbulkan akibat kejadian ini yaitu, bau tidak sedap, jika terhirup lama menimbulkan mual dan muntah serta menimbulkan mata perih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya