Molor Lagi, Pembentukan Badan Otorita Ibu Kota Baru Masih Finalisasi

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Pembentukan Badan Otorita yang ditujukan untuk mengurus pembangunan Ibu Kota Negara baru masih belum juga terealisasi. Padahal, Presiden Joko Widodo sudah menargetkan, badan tersebut bisa terbentuk paling lambat akhir Januari 2020.

Resmi Dilantik, HIPPI Jakarta Utara: Kami Siap Kolaborasi dengan Semua Pihak

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menjelaskan, saat ini proses pembentukan badan tersebut masih dalam tahap finalisasi. Menurutnya, ‘molornya’ pembentukan badan tersebut bukan karena ada kendala spesifik.

"Tidak ada kendala. Memang perlu ada kehati-hatian," katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin, 10 Februari 2020.

Pemerintah Daerah China Terpaksa Beli Rumah di Tengah Krisis Ekonomi

Dia menegaskan, pada dasarnya pemerintah telah menyiapkan orang-orang yang akan mengisi badan tersebut, meski dia belum bisa menyebutkan siapa saja dan berasal dari mana. Hanya saja, ditegaskannya, mereka akan dilantik presiden bersamaan dengan pengumuman terbentuknya badan itu.

"Jadi maksudnya badan ini, badan otorita ibu kota ini terbentuk, sekaligus orang yang memimpin juga sudah ada," ungkapnya.

Menhan Prabowo Terima Kunjungan Pemilik Burj Khalifa, Apa yang Dibahas?

Sebelumnya, Suharso juga telah memastikan, saat ini rencana pemerintah dalam memindahkan Ibu Kota RI masih sesuai rencana. Tahapan-tahapannya, tidak ada yang diundur atau dimajukan.

"Insya Allah groundbreaking mungkin 2020 akhir atau 2021, 2023 sudah dikunci semua," kata Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum NU Yahya Cholil Staquf dan Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharudin di Istora Senayan, Jakarta, Senin, 27 Mei 2024.

PDIP Kritik Pemerintah dalam Rakernas, Jokowi Sebut Urusan Internal

Presiden Jokowi tak bersedia mengomentari kritik terhadap pemerintah yang disampaikan dalam Rakernas V PDIP karena memandang hal itu merupakan internal partai tersebut.

img_title
VIVA.co.id
28 Mei 2024