Persiapan Mal di Jakarta Jelang Dibuka Lagi Besok

Karyawan mencoba fasilitas tombol lift dengan kaki di Mal Central Park Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Pusat perbelanjaan modern yakni mal, yang berada di Jakarta, akan mulai dibuka pada Senin besok, 15 Juni 2020. Pembukaan ini adalah sebagai fase kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.  Seperti apa persiapannya?

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Beberapa mall kini sudah bersiap-siap untuk membuka kembali aktivitasnya, setelah beberapa bulan tutup lantaran pandemi Covid-19. Seperti salah satu mal di Jakarta Barat, yakni Central Park dan Neo Soho, sudah menyiapkan protokol kesehatan saat mereka resmi buka pada senin besok.

Assistant Marcomm and Relation General Manager Central Park dan Neo Soho Mall, Silviyanti Dwi Aryati menjabarkan berbagai persiapan yang dilakukan. Di tempat-tempat tertentu, pihaknya menyediakan hand sanitizer otomatis.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Juga setiap pengunjung akan diukur suhunya di setiap pintu-pintu masuk. Setiap pengunjung juga diharuskan menerapkan physical distancing atau jaga jarak, kepada para pengunjung.

"Dengan jarak satu meter di lift serta eskalator dan juga pada setiap antrean yang terjadi di sekitar area mall," ujar Silviyanti dikonfirmasi, Minggu 14 Juni 2020.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Silviyanti menjelaskan, Central Park dan Neo Soho juga menerapkan inovasi baru dalam protokol kesehatan Covid-19 kepada para pengunjung. Yakni dengan konsep touchless experiences di beberapa fasilitas mall dengan sensor button. Dimana hanya dengan meletakan telapak tangan di atas sensor dengan jarak 10 sentimeter, tombol lift akan aktif untuk naik atau pun turun. Sehingga pengunjung tidak perlu menyentuh tombol-tombol yang ada. 

"Serta menyediakan foot pedal pada lift di area mal agar para pengunjung tetap bisa menghindari kontak langsung memakai tangan untuk memilih lantai yang dituju," katanya.

Ia melanjutnya, pihaknya juga akan membagikan penutup wajah kepada para pengunjung yang tidak menggunakan masker saat memasuki area mal. "Serta juga akan disediakan face mask vending machine yang dapat ditemukan di Customer Care Center LGM Central Park Mall," ujarnya.

Silviyanti menambahkan pihak mal juga menghidupkan sirkulasi udara sebelum mal buka di setiap harinya. Serta penyemprotan disinfektan secara berkala di setiap sudut-sudut mal untuk digunakan sebagai pencuci tangan bagi pengunjung.

Waktu operasional mal juga tidak akan dibuka seperti saat normal. Yakni hanya sembilan jam mulai pukul 11.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB di setiap harinya. Namun ada pengecualian untuk tempat-tempat tertentu di dalam mal seperti yang menjual kebutuhan sehari-hari, farmasi dan perbankan.

"Akan buka satu jam lebih awal," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya