Puluhan Peziarah Diam-Diam Masuk TPU Utan Jati

Puluhan warga hendak berziarah ke TPU Utan Jati, Kalideres, Jakarta Barat
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Puluhan peziarah yang datang ke Tempat Pemakaman Umum Utan Jati, Kalideres, Jakarta Barat, pada hari pertama Idul Fitri 2021 dihalau Satuan Polisi Pamong Praja. Mereka dihalau melakukan kegiatan ziarah karena TPU di Jakarta ditutup pada periode 12-16 Mei guna mencegah kerumunan massa di tengah pandemi COVID-19.

Ziarah ke Makam Stevie Agnecya, Anggi Pratama: Sebagian Pesan Terakhir Kamu Sudah Aku Jalankan

"Dihalau para peziarahnya. Ada sekitar 30-an peziarah yang dihalau," ucap Kepala Satpol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat kepada wartawan, Kamis 13 Mei 2021.

Pintu masuk di TPU Utan Jati sedianya telah ditutup berkenaan. Tapi, lanjutnya, para peziarah tersebut masuk ke area TPU lewat jalan yang ada di belakang area masuk TPU. Namun, karena petugas jeli, mereka pun ketahuan juga. Alhasil, mereka diminta meninggalkan TPU.

Momen Haru Kunjungi Makam Olga Syahputra, Ruben Onsu: Hanya Rindu

"Masuk dari jalur belakang, ada jalan kecil," katanya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup sementara kegiatan ziarah kubur di lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang dan Bogor (Jabodetabek). 

Momen Haru BCL Ziarah ke Makam Ashraf Sinclair, Tiko Aryawardhana Setia Mendampingi

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi, Fadil Imran, Panglima Komandan Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Wali Kota Bogor, Bima Arya, dan jajaran daerah tetangga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 10 Mei 2021. 

"Kegiatan ziarah kubur ditiadakan mulai ditiadakan tanggal 12 Mei sampai dengan hari minggu 16 Mei. Seluruh pemakaman di Jabodetabek akan ditutup dari pengunjung untuk ziarah," kata Anies. 

Baca juga: Warga Tetap Berziarah ke TPU Malaka Jaktim Meski Ada Larangan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya