Kawasan Kota Tua Ditutup Saat Malam Tahun Baru

Suasana Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat saat penerapan PPKM Level 3.
Sumber :
  • ANTARA/Anisyah Rahmawati

VIVA – Tidak seperti perayaan tahun baru sebelumnya, kawasan Kota Tua yang kerap ramai pengunjung, maka di malam pergantian tahun 2022 nanti kawasan ini akan ditutup. Penutupan dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan warga, demi mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Menilik Layanan Bikin Happy di Kota Tua Jakarta

Polres Jakarta Barat rencanakan penutupan kawasan Kota Tua. Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo mengatakan kawasan Kota Tua pada tanggal 31 Desember 2021, akan diberlakukan crowd free night.

"Ada penutupan (jalan), akan kita alihkan seperti di Jakbar di Kota Tua, di wilayah pusat ada beberapa titik yang dilakukan CFN," ujar Ady dikonfirmasi, Kamis 23 Desember 2021.

Ma'ruf Amin: Tahun Baru Imlek Momentum Perbaiki Diri

Amankan Natal dan Tahun baru

Ady menjelaskan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022 nanti, Jakarta Barat akan menerjunkan 2000 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP dan Dishub.

Apa Kaitan Hujan Saat Imlek? Benarkah Bisa Bawa Hoki?

Ribuan personel gabungan tersebut akan difungsikan untuk mengamankan kegiatan ibadah di gereja-gereja, hingga lokasi wisata di Jakarta Barat.

"Jadi untuk kegiatan Operasi Lilin Jaya tahun ini, sebelum apel ini, kita sudah lakukan beberapa rapat koordinasi lintas sektoral yang melibatkan semua pihak, terkait dengan kesiapan dan lokasi-lokasi serta sasaran yang harus kita amankan," ujarnya.

Ady jelaskan, pelayanan masyarakat terkait keamanan jelang Natal dan Tahun Baru 2022 diantara yang dilakukan adalah mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Target yang harus kita dapatkan ada tiga hal. Pertama, pelaksanaan perayaan Natal bisa terlaksana hingga aman damai dan hikmat. Kedua, situasi kamtibmas kondusif. Ketiga, karena kita masih di masa pandemi, kita bisa mengendalikan COVID, khususnya di wilayah Jakarta Barat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya