Segini Jumlah Peserta Balap Liar di Sudirman yang Viral

Balap liar di Jalan Sudirman
Sumber :
  • Instagram @merekamjakarta

VIVA – Diduga ada 70 pebalap liar saat aksi balap liar dengan menutup Jalan Sudirman-Thamrin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang viral di media sosial terjadi.

Dokter Dipergoki Suami Selingkuh di Dalam Mobil, Singgung Anak Wakil Bupati

"Ini mereka sekelompok orang, 70 sepeda motor. Video ini cukup viral dan menjadi perhatian masyarakat. Setelah viralnya video tersebut, tentu kami melihat bahwa ada pelanggaran lalu lintas dari video tersebut," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (tengah)

Photo :
  • VIVA / Foe Peace
Viral! Aksi Pencurian Pipa Besi Jembatan di Siang Bolong, Polisi Ringkus Pelaku

Usut punya usut kejadian ini terjadi Jumat 18 Februari 2022, sekiter pukul 01.00 WIB. Dari videi viral itu lantas polisi melakukan penelusuran. Dengan menggunakan kamera Closed Circuit Television dan kamera ETLE, hasilnya polisi mencokok pelaku. Sepuluh orang jadi tersangka karena jadi biang kerok dibalik terjadinya balap liar ini.

"Jadi 10 orang dan semua kendaraan tersebut kami amankan sebagai barang bukti yang dilanjutkan pada sidang," kata dia.

Klarifikasi 'Om Albert' soal Viral Video Ajak Youtuber Korea ke Hotel

Sebelumnya diberitakan, video viral tersebut disebarkan oleh akun Instagram merekamjakarta, di mana video memperlihatkan barisan pemotor yang menutup jalan.
Sejurus kemudian, pemotor tersebut serentak memacu kendaraannya dengan kencang. Adapun peristiwa tersebut terjadi pada Jumat 18 Februari 2022 sekitar pukul 01.00 WIB.

“Puluhan pemotor berjajar dan menutup Jalan Raya Jenderal Sudirman, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat,” tulis akun @merekamjakarta.

Adapun diduga para premotor yang melakukan balapan tersebut memacu kendaraannya menuju ke arah jembatan Semanggi, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya resmi menggelar ajang street race resmi, Minggu, 16 Januari 2022. Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran meninjau langsung ke lokasi dengan didampingi Ketua IMI Bambang Soesatyo. Acara ini dibuat untuk menghilangkan balap liar yang sering kali beraksi di jalanan Jakarta.

Di sela acara ini, Kapolda Metro berharap ajang street race ini bisa mencetak pembalap profesional yang nantinya akan membawa nama Indonesia di kancah internasional.  

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi pemicu awal sekaligus melahirkan pembalap baru seperti Mario yang tidak hanya di jalanan. Mungkin mereka bisa di Moto 3, Moto 2, sampai pada MotoGP," ujar Fadil saat tinjau lokasi street race di Ancol, Minggu, 16 Januari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya