Polisi Tidur di Sunter Buat Pengendara Jatuh, Wagub Bilang Begini

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Metro – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria buka suara terkait adanya insiden polisi tidur yang mirip zebracross di Jalan Danau Sunter Jakarta Utara membuat sejumlah pengendara motor terjatuh. Riza menilai pembangunan polisi tidur di kawasan tersebut sudah sesuai dengan aturan yang ada.

Gerindra Siapkan 4 Nama Ini di Pilkada Jakarta

“Saya kira semua apa yang dilaksanakan Pemprov harus mengacu pada aturan dan ketentuan yang ada,” kata Riza kepada wartawan, Jumat 26 Agustus 2022.

Meski begitu, Riza mengungkapkan pemerintah daerah (pemda) menaruh perhatian khusus atas kejadian yang membuat beberapa pengendara motor terjatuh.

Viral Pengendara Motor Listrik Bikin Petugas Dishub Kewalahan

“Itu menjadi perhatian kami ya,” jelas Ketua DPP Partai Gerindra itu.

Keberadaan polisi tidur di sana awalnya didesain untuk mencegah aksi balap liar yang biasa digelar para pemuda.

Pengendara Motor di Indonesia Hari Ini Diminta Waspada

Namun polisi tidur itu dicat menyerupai zebra cross atau penyeberangan jalan orang, sehingga mengecoh pandangan mata pengguna jalan. Pengendara motor menganggap ruas jalan itu mulus, namun faktanya bergelombang karena polisi tidur.

Usai adanya kejadian tersebut, Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara sudah membongkar polisi tidur tersebut pada Kamis 25 Agustus 2022.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Sebuah video amatir yang direkam warga memperlihatkan beberapa pengendara motor terjatuh di wilayah Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara akibat speed bump atau polisi tidur yang dicat menyerupai warna zebra cross. 

Perekam video tersebut mengatakan, beberapa premotor termasuk dirinya terjatuh di lokasi akibat polisi tidur tersebut menipu pengelihatan pengendara yang melintas.

Melalui video yang beredar di media sosial terlihat satu orang pengendara motor terbaring lemas di pinggir jalan setelah terjatuh dari kendaraannya akibat melalui speed bump tersebut. 

Dilihat melalui video, polisi tidur memang sangat menyerupai zebra cross, membuat orang beranggapan polisi tidur tersebut datar layaknya zebra cross. Alhasil pengendara yang melintas tidak memperlambat laju kendaraan, menyebabkan mereka terjatuh. 

"Bahaya banget. Sumpah. Bikin orang jatuh semua, sudah banyak yang jatuh. Itu bahaya banget. Sumpah," kata perekam video, seperti dilihat dari unggahan akun Instagram @kabarnegeri, Kamis. 

Bahkan, ketika perekam video memperlihatkan kondisi sekitar, seorang pengendara motor terekam kamera terjatuh di lokasi speed bump itu dibuat. Terlihat pengendara motor tersebut melaju kencang dari kejauhan tanpa menyadari adanya polisi tidur.

Baca juga: Anies Akan Resmikan Revitalisasi Kota Tua Sore Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya